DPRD Gunung MasGunung Mas

Kejar Target, DPKP Persiapkan Pergantian Indukan Ikan

MENGECEK: Staf DPKP Gumas, A Riduan bersama kerabatnya saat mengecek bibit ikan di BBI Kurun Seberang, Jumat (5/8/2022). Foto Red

GERAKKALTENG.com – Kuala Kurun – Saat ini Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) mulai mempersiapkan indukan untuk bibit ikan. Mulai dari jenis ikan Gurame, Nila dan Patin. Hal tersebut dilakukan untuk mengganti indukan yang sudah tidak produktif.

Kepala DPKP Kabupaten Gumas, Hansli Gonak mengatakan, dilakukannya pergantian indukan bibit ikan itu supaya bisa mencapai semua target yang telah ditentukan pada setiap jenis ikan. Khususnya di balai benih ikan (BBI) Kurun Seberang.

“Kami sudah mempersiapkan indukan, di setiap jenis ikan baik itu Gurame, Patin dan Nila,” ucap Hansli, Jumat (5/8/2022).

Sekedar diketahui jelas dia, untuk usia indukan ini rata-rata minimal satu tahun. Sehingga harus dikembangkan sebagai indukan.

Adapun langkah kedepan pada tahun 2023 pihaknya jelas Hansli, akan mengusulkan indukan dengan menggunakan dana dari dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) di dinas tersebut.

“Setidaknya tahun depan kami akan membelikan indukan secara khusus untuk Indukan tambahan di tiga komuditas ikan Nila, Gurame, dan Patin untuk mengantisipasi ikan yang tidak produktif itu,”bebernya.

Sejauh ini terang Hansli, untuk permintaan masyarakat dalam mengoder benih ikan yang ada, secara khusus untuk tiga jenis, sehingga begitu banyak sekali diminati masyarakat dalam membudidayakan ikan. Bahkan, permintaan dari pemerintah desa juga ada dalam hal mengembangkan Bumdes.

“Sekarang ini permintaan pembelian bibit ikan sering juga datang dari Pemdes, dalam rangka ketahanan pangan nasional itu. Terutama menggunakan dana desa dari 20 persen, karena dana itu bisa juga digunakan untuk membeli benih ikan dan pakan ikan,”pungkasnya.(sst/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *