EDUKASI & RISTEKKotawaringin Timur

Matangkan PSP dengan Peningkatan Kapasitas Para Guru

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Program yang dilaksanakan oleh sekolah penggerak atau PSP dimulai dengan penguatan kapasitas guru, khususnya melalui sejumlah pelatihan yang telah dirancang oleh panitia Pusat guna meningkatkan mutu pendidikan di masing-masing sekolah.

Dikatakan oleh Ketua Program Management Office (PMO) sekolah penggerak di Kotim Suyoso, pada setiap PSP terdapat guru berkompetensi tinggi yang diberi kesempatan untuk menjadi komite guru pembelajar.

“Para guru tersebut memiliki kesempatan untuk mengikuti pelatihan secara khusus yang selanjutnya berkewajiban untuk mengikhlaskan atau mendeteksikan kemampuannya kepada Secawan lainnya,” kata Suyoso, Rabu 31 Agustus 2022.

Guru yang sudah dilatih ini nantinya ujarnya, akan disebut sebagai Guru Penggerak yakni pemimpin pembelajaran yang menerapkan merdeka belajar dan menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid.

“Guru Penggerak menggerakkan organisasi belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya serta mengembangkan program kepemimpinan murid untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Untuk menjadi Guru Penggerak, guru harus mengikuti proses seleksi dan pendidikan Guru Penggerak selama 9 bulan,” jelasnya. (rik/aga)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *