Gunung Mas

Tingkatkan Hasil Pertanian dengan Pengolahan Pupuk Kandang

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas (Gumas) mengharapkan para petani setempat dapat mengolah pupuk kandang. Ini bermanfaat untuk meningkatkan hasil pertanian.

“Untuk meningkatkan hasil pertanian, kita harus dapat menyiapkan pupuk organik dan pupuk kandang. Dengan adanya hewan ternak, di Gumas tidak perlu mendatangkan pupuk kandang dari luar daerah” kata Wakil Bupati (Wabup) Gumas, Efrensia LP Umbing, Rabu (28/9/2022).

Dia mencontohkan, kebutuhan pupuk kandang dapat diambil dari Desa Sigi, namun miliki jarak tempuh yang cukup jauh. Sehingga biaya yang dikeluarkan cukup tinggi untuk transportasi, terlebih harga BBM yang mengalami kenaikan.

“Karena biaya yang tinggi itu, kita harus dapat menyediakan sendiri, sehingga menghemat biaya” ucapnya.

Sedangkan untuk pakan ternak sendiri, seperti pengolahan padi dan jagung untuk dedak, diperlukan tekhnologi yang sederhana. Sehingga kebutuhan pakan ternak juga dapat terpenuhi dengan biaya yang murah, termasuk untuk pakan ikan.

“Kita berupaya mengajak masyarakat kita dapat mandiri dan mendapatkan hasil yang layak, termasuk dalam sektor peternakan dan pertanian” pungkasnya. (san/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *