Barito Timur

Barito Timur Verifikasi Data Penerima Program Peremajaan Sawit

Foto : Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur, Trikorianto.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur, masih terus memverifikasi calon lahan pengembangan sawit masyarakat sebelum menyalurkan bantuan biaya pembukaan lahan maupun bibit dan sarana produksi.

“Pengembangan sawit masyarakat saat ini masih dalam proses verifikasi data faktual cukup banyak wilayahnya,” ujar Trikorianto, Selasa (11/10/2022).

Verifikasi faktual ini dilakukan dengan mendatangi langsung lahan yang digunakan untuk pengembangan sawit masyarakat. Hal ini dimaksudkan agar program Pemkab Barito Timur ini benar-benar tepat sasaran.

“Sosialisasinya sudah selesai jadi sekarang kita berada dalam proses mengecek kebenaran luasan lahan yang akan dikembangkan,” kata kadis.

Untuk tahun 2022 ini, Pemkab Barito Timur meluncurkan program pengembangan lahan sawit masyarakat seluas 800 hektare. Tahapan pertama program dimulai dengan bantuan pembukaan lahan.

Lahan seluas 800 hektare itu tersebar di 8 kecamatan diantaranya, Kecamatan Patangkep Tutui, Karusen Janang, Awang, Benua Lima, Dusun Timur, Karusen Janang, dan Pematang Karau.

Bantuan pembukaan yang diberikan pemerintah daerah berupa anggaran sebesar Rp. 2,5 juta per hektare.

Untuk memastikan program dan bantuan yang digulirkan pemerintah ini tepat sasaran, maka Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP di setiap kecamatan ditugaskan untuk melakukan pendataan, sosialisasi, verifikasi data dan verifikasi faktual bersama pemerintah desa.

Habis itu, pada tahun 2023 nanti para petani yang telah mendapatkan bantuan pembukaan lahan akan diberikan bantuan bibit, sarana produksi berupa pupuk dan obat-obatan.

Dengan syarat penerima bantuan yaitu bukan dari kalangan PNS, TNI atau Polri. Lahan yang akan ditanami sawit juga harus subur, bukan lahan sawah, tidak masuk dalam kawasan hutan, tidak masuk HGU, tidak menganggu lahan karet serta satu keluarga maksimal mendapatkan bantuan untuk satu hektare. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *