Barito Timur

Cuaca Barito Timur Hujan 

Foto : Situasi perkiraan cuaca pada hari Jumat (28/2022).

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Cuaca di Kabupaten Barito Timur diperkirakan berlangsung hujan dalam beberapa hari ke depan. Berdasarkan sumber data update dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG).

Plt. Kepala Pelaksana BPBD-Damkar, Ahmad Gazali, menyampaikan prakiraan cuaca hari ini dan potensi bencana di Kabupaten Barito Timur berdasarkan sumber data update dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG).

“Secara umum, prakiraan cuaca semua kecamatan yang di wilayah Kabupaten Barito Timur dalam kondisi berawan pada pagi hingga sore hari nanti dan diprakirakan akan terjadi hujan ringan pada malam hari,” kata Ahmad Gazali, Jumat (28/10/2022).

Namun demikian, kata dia, karena dinamisnya kondisi atmosfer dan interaksinya dengan samudera/lautan di wilayah kepulauan Indonesia, maka perubahan keadaan cuaca dapat berubah sewaktu-waktu.

Katanya lagi, potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Barito Timur dalam kategori aman ditinjau dari tingkat kemudahan terbakar din lapisan atas permukaan tanah (FFMC).

“Alang-alang dan dedaunan yang biasanya menutupi lantai hutan dalam kondisi basah dan sulit terbakar,” katanya.

Kemudian, jika ditinjau dari prakiraan berbasis aspek dampak hujan lebat, wilayah Kabupaten Barito Timur juga dalam kategori aman, tidak adanya dampak seperti terjadinya longsor dan volume aliran sungai meningkat.

Potensi banjir tingkat rendah masih diprakirakan akan terjadi di wilayah Kabupaten Barito Timur.

“Yaitu di wilayah Kecamatan Karusen Janang, Kecamatan Paju Epat dan Kecamatan Pematang Karau,” ujarnya.

Dirinya selalu menghimbau, kepada seluruh masyarakat Barito Timur untuk selalu memperbaharui informasi terkait prakiraan cuaca dan kebencanaan, tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak dan tetap berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah.

“Masyarakat diharapkan untuk berhati-hati dan selalu memantau perkembangan kondisi sekitar sehingga resiko bencana dapat diantisipasi, dikurangi dan ditanggulangi,” pungkasnya. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *