Kalimantan Tengah

Kontingen Atlet PRA POPNAS Resmi Diberangkatkan

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng H. Nuryakin melepas Kontingen Kalteng untuk Mengikuti Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (PRA POPNAS) Zona III Tahun 2022 yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober s/d 2 November 2022, di Kota Banjarmasin Prov. Kalsel.

Kontingen yang diberangkatkan total sebanyak 226 orang. Cabang olahraga yang dipertandingkan pada PRA POPNAS ada delapan cabang yaitu, Bola Basket; Bola Voli, Bulu Tangkis, Pencak Silat, Sepak Bola, Sepak Takraw, Tinju dan Tenis Lapangan.

Nuryakin menyampaikan bahwa, Ia merasa bangga karena karena dapat berkumpul dengan duta-duta olahragawan muda yang telah mempersiapkan fisik dan mental untuk bertanding di PRA POPNAS Zona III Tahun 2022. Semoga dari kegiatan ini akan lahir dari Bumi Tambun Bungai atlet-atlet berprestasi di tingkat Nasional dan Internasional, mengharumkan nama Kalteng dan Indonesia.

“Atas nama Pemprov. Kalteng, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah kabupaten/kota se-Kalteng dan kepada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalteng yang telah mempersiapkan para atlet, pelatih, official, manager dan seluruh kontingen untuk berpartisipasi mengikuti PRA POPNAS di Kota Banjarmasin dan Banjarbaru Provinsi Kalsel. Semoga momentum kegiatan ini dapat dijadikan perbaikan, penyempurnaan dan evaluasi keolahragaan yang kelak mengangkat prestasi dan pembinaan Olahraga di Provinsi Kalteng. Selamat bertanding, junjung tingggi sprotivitas dan bawalah nama Kalteng menjadi harum dengan prestasi-prestasi yang nantinya akan kalian ukir,” ucap Nuryakin di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (26/10/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalteng Hamka dalam laporannya mengatakan, maksud keikutsertaan dalam kegiatan PRA POPNAS Zona III yaitu, untuk memelihara dan meningkatkan persatuan dan kesatuan anak bangsa. Serta untuk mengukur pembinaan prestasi olahraga pelajar di tingkat Provinsi Kalteng; serta memotivasi dan mengoptimalkan pengembangan potensi atlet pelajar daerah untuk mengikuti kompetisi di tingkat Nasional.

“Sedangkan tujuan yang ingin dicapai ialah, untuk memperoleh bibit atlet pelajar yang potensial dan berprestasi, sekaligus sebagai wahana seleksi olahraga pelajar Kalteng,” kata Hamka.

Hamka menjelaskan, event PRA POPNAS Zona III Tahun 2022 ini merupakan tindak lanjut Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (POPPROV) se-Kalteng yang dilaksanakan pada 27 Juni – 3 Juli Tahun 2022 lalu di Palangka Raya.

“Sebanyak 5 dari 13 cabang olahraga yang dipertandingkan, juaranya akan langsung mengikuti POPNAS Tahun 2023. Sebanyak 8 cabang olahraga harus melewati seleksi di Zona III, Provinsi Kalteng tergabung dalam Zona III bersama 6 provinsi lainnya yaitu, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Banten, dan Bali,” pungkasnya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penyerahan kartu peserta BPJS ketenagakerjaan kepada seluruh atlet dan official yang diterima secara simbolis oleh Atlet Voli, M. Rizky Hidayah dari Kabupaten Sukamara. (d0n/mmc/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *