EDUKASI & RISTEKKotawaringin Timur

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Berikut Isi Pidatonya

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Hari ini tanggal 28 oktober 2022 mengingatkan kembali sebuah peristiwa yang terjadi 94 tahun silam, dimana terjadi sebuah sumpah bersama yang dilakukan seluruh pemuda anak negeri ini yang kemudian sekarang dikenal dengan sumpah pemuda.
“Saat dicetuskan, Sumpah Pemuda didasari keinginan memiliki satu bangsa, satu bahasa dan satu tanah air. Semangat baru ini dikobarkan para pemuda di tengah masa penjajahan,” kata Kepala Sub Bagian Perbantuan SMA dan SMK, Dinas Pendidikan (Disdik) Kotawaringin Timur (Kotim) Zulfikar Antoni, Jumat 28 Oktober 2022.
Tujuannya satu, untuk mencapai cita-cita kemerdekaan. Sumpah Pemuda, Kebangkitan Nasional 20 Mei 1908 dan Proklamasi 17 Agustus 1945 adalah “benang merah” sejarah perjuangan untuk mencapai Indonesia yang berdaulat.
“Betapa semangat mereka berjuang demi tegaknya kedaulatan negara ini. Pemikiran, jiwa dan raga mereka rela korbankan. Untuk siapa? Tentu tidak buat mereka. Apakah mereka sekarang menikmati? Tidak, mereka sudah gugur. Jadi, buat siapa lagi buah perjuangan mereka kalau bukan buat kita yang sekarang tinggal menikmati dan menjaga,” ujarnya.
Menurutnya, ada beberapa yang mungkin bisa dilakukan dalam memaknai sumpah pemuda ini salah satunya mencari teman sebanyak-banyaknya dan hindari untuk memicu terjadinya permusuhan. Hal itu disampaikan pada saat menghadiri upacara sumpah pemuda di SMKN 1 Sampit.
“Semangat dan jiwa Sumpah Pemuda perlu kita gelorakan kembali dalam jiwa kita semua sebagai kaum muda. Kaum muda adalah harapan seluruh warga, sama dengan harapan di masa lalu, saat Sumpah Pemuda dikumandangkan. Gelora dan semangat kaum muda juga tak luput dituntut di masa sekarang. Mungkin bentuknya yang lain. Bisa berupa semangat belajar, meraih suatu prestasi, aktif di organisasi, ekstrakurikuler, dan lainnya,”ungkapnya. (rik/aga)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *