Kotawaringin Timur

Santri Diajak Berperan Serta Dalam Pembangunan Daerah

SAMPIT – Ratusan santri dari sejumlah pondok pesantren di Sampit menghadiri upacara yang digelar Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Sabtu (22/10/2022). Kegiatan ini merupakan puncak rangkaian acara yang digelar dalam merayakan Hari Santri Nasional tahun 2022.

“Hari Santri Nasional diperingati sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap peran pondok pesantren dan santri terhadap bangsa dan daerah. Ini juga bentuk apresiasi pemerintah terhadap pendidikan keagamaan”, kata Bupati Halikinnor saat memimpin upacara.

Menurutnya, pendidikan di pondok pesantren itu tidak melulu pendidikan agama, tetapi juga ada pendidikan umum dan lainnya.

Tema peringatan Hari Santri Nasional tahun ini yaitu Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan. Maksud tema ini adalah bahwa santri dalam sejarahnya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia.

Ia berharap, keberadaan santri tidak hanya menjaga agama, tetapi juga menjaga kemaslahatan umat dan menjaga kemanusiaan. Selama ini santri dengan berbagai latar belakang selalu siap sedia mendarmabaktikan hidupnya bagi bangsa dan negara.

“Pemkab Kotim juga terus berupaya membantu pondok pesantren agar dapat terus berkembang. Meski tidak secara langsung, namun bantuan diberikan dalam wujud sarana prasarana serta fasilitas pendukung”, ucap Halikinnor.

Kegiatan yang dilaksanakan secara sederhana ini diikuti oleh berbagai pondok pesantren serta sekolah madrasah yang ada di Kotawaringin Timur, tampak hadir Wakil Bupati Kotim Irawati, Ketua PHBI Kotim Sutimin serta para tokoh dari sejumlah pondok pesantren. (Tbk/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *