EDUKASI & RISTEKKotawaringin Timur

SMPN 9 Sampit Buka Perkebunan Sekolah

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Sebagai aksi dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Sampit melakukan kegiatan berkebun dengan membuka lahan di lingkungan sekolah.
“Kegiatan ini juga dalam rangka mengajarkan anak-anak untuk belajar di alam dan belajar tentang kehidupan. Ini juga sesuai dengan penerapan Kurikulum Merdeka yang saat ini tengah digaungkan,” kata Kepala SMPN 9 Sampit, Supriyono, Jumat 28 Oktober 2022.
Menurutnya, kegiatan ini baru dilakukan pada 2022, dengan memulai aksi berbeda dari sekolah-sekolah lain yang ada di Sampit.
“Setiap kelas diberikan lahan. Dengan didampingi oleh masing-masing Wali Kelas, siswa bersama-sama untuk menanam sayur seperti lombok, terong, kangkung, jagung, tomat dan lainnya,” jelasnya.
Tambah Supriyono, instruksi untuk membuka kebun sudah disampaikan kepada peserta didik sejak dua minggu yang lalu, untuk itu sebagian sudah di tanam di tanah langsung dan sebagian masih di polybag.
“Yang lewat polybag hari ini sudah ditempatkan di lahan yang sudah disediakan oleh pihak sekolah. Tanaman itu pembibitannya di sekolah. Kalau tanaman itu sudah dewasa atau hampir berbunga, langsung kami tarik untuk ditanam di lahan. Bibitnya boleh juga membawa dari rumah, dengan catatan tanaman secara umum tingginya tidak lebih dari 20 cm,” bebernya. (rik/aga)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *