DPRD Kotawaringin Timur

Jadikan Momen Hari Pahlawan untuk Merawat Kebinekaan

SAMPIT – Memperingati hari pahlawan nasional pada 10 November 2022, Ketua  DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Dra Rinie mengajak warga masyarakat di daerah setempat untuk sejenak  mengenang bagaimana para pendahulu melakukan pengorbanan demi mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari  berbagai upaya asing untuk  menduduki negara ini.

“Dalam kesempatan ini marilah kita mengenang tentang para pahlawan kita, bagimana  kita dapat membangun dan menjaga integritas dalam bernegara. Melakukan berbagai hal untuk menjadikan negeri  ini sebagai salah satu negara yang terpandang, disegani dan juga tentunya menjadi panutan bagi negara lain, khususnya  dalam kemampuan kita merawat kebinekaan kita dalam  berbangsa dan bertanah air,” kata Rinie, Kamis (10/11/2022).

Menurutnya, peringatan  Hari Pahlawan ke-77 diperingati dengan renungan untuk menemukan jejak para pahlawan dalam hidup sebagai bangsa dan negara merdeka. Perjuangan ini penting untuk diresapi semangat dan keikhlasannya. Semangat bergerak serempak menghadang musuh, bergandeng tangan  bersama pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara,semuanya melebur menjadi satu, merdeka atau mati.

“Para pejuang kemerdekaan Indonesia secara gagah berani  tidak akan mau menyerah pada  siapa pun. Masa depan revolusi Indonesia layak untuk diperjuangkan dan bukan pemberian dari siapa pun melainkan berkat dan rahmat Tuhan Yang  Maha Kuasa,” ujar Rinie.

Ia juga mengajak semua masyarakat untuk menjadikan momentum peringatan Hari Pahlawan, yaitu mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan, dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar. Dan juga menjadikan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah dan kehidupan.

“Bersama kita kenang dan hormati perjuangan para pahlawan, bangun ingatan kolektif bangsa, perkuat persatuan dan kesatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia,”  tutupnya. (arl/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *