EDUKASI & RISTEKKotawaringin Timur

Kotim Terus Perjuangkan Kesejahteraan Guru Kontraknya

“Profesi guru adalah profesi mulia, karena bisa menciptakan anak-anak yang cerdas dan juga bisa menjadi pemimpin daerah kedepan,” kata Wakil Bupati Kotim Irawati, Selasa 6 Desember 2022.

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Kesejahteraan guru di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) terutama yang statusnya kontrak masih memprihatinkan. Oleh sebab itu, pemerintah daerah setempat terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraannya dengan membantu pengangkatan menjadi PPPK.

“Profesi guru adalah profesi mulia, karena bisa menciptakan anak-anak yang cerdas dan juga bisa menjadi pemimpin daerah kedepan,” kata Wakil Bupati Kotim Irawati, Selasa 6 Desember 2022.

Namun sayangnya, sebagian besar guru terutama yang masih kontrak belum mendapatkan kesejahteraan yang bagus. Pasalnya, sejauh ini mereka hanya menerima gaji sebesar Rp 2 juta bahkan ada yang Rp 500 ribu. Tentu jumlah tersebut dinilai tidak memenuhi kebutuhan meraka, terutama guru yang berada di pelosok.

“Karena guru di desa atau pelosok, ongkosnya lebih besar ketimbang di kota. Karena transportasi mereka besar, jadi kalau gaji segitu tentunya kurang,” ucapnya.

Oleh sebab itu, pemerintah daerah akan berupaya membantu pengangkatan guru ke PPPK. Meski demikian, para guru kontrak di wilayah itu juga harus melalui tahapan baik tes penilaian kinerja dan pengetahuan mereka. Namun Irawati berharap, guru kontrak di wilayahnya dapat melalui tahapan dengan baik dan diangkat menjadi PPPK. Sehingga kebutuhan guru di wilayahnya terpenuhi.

“Kalau dari daerah kami akan bantu pasti itu. Tapi tergantung mereka lagi saat mengikuti tes dari pusat. Karena seleksi PPPK ini selain dari daerah yaitu penilaian kinerja juga ada tes dari pusat. Itu tergantung kemampuan mereka masing-masing,” tutupnya. (rik/aga)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!