Palangka Raya

Sampaikan RAPBD 2023, Fairid Ingatkan OPD Bekerja Keras

GERAKKALTENG. com – Palangka Raya – DPRD Palangka Raya menggelar rapat paripurna ke 10 masa sidang I tahun sidang 2022/2023, dengan agenda penyampaian pidato pengantar wali kota tentang nota keuangan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) Kota Palangka Raya tahun 2023.

Ketua DPRD Palangka Raya Sigit K Yunianto memimpin langsung paripurna tersebut, yang dihadiri Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, anggota DPRD, jajaran kepala OPD dan FKPD dilingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya, Selasa (15/11/2022).

Dalam paripurna itu, Fairid menyampaikan dalam pidatonya, bahwa hingga 31 Oktober 2022 realisasi pelaksanaan APBD berjalan lancar. Dimana anggaran pendapatan sebesar Rp 1,14 triliun lebih sudah tercapai 69,42 persen atau sebesar Rp 739,4 miliar lebih.

Sedangkan untuk sektor belanja daerah dari plafon anggaran sebesar Rp 1,25 triliun lebih ternyata sudah mencapai 62,34 persen atau sebesar Rp 784,3 miliar lebih.

“Saya berharap seluruh ASN yang diberi tanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan untuk bekerja keras agar realisasi dapat mencapai target,”harap Fairid.
.
Dilanjutkan wali kota, untuk struktur dan volume APBD tahun 2023 disusun dengan target dan plafon yang disesuaikan dengan kapasitas dan kebutuhan fiskal daerah, yang sebelumnya sudah dikonsultasikan bersama badan anggaran (Banggar) DPRD.

Pada tahun 2023 lanjutnya, sektor pendapatan daerah mengalami kenaikan dimana telah dirancangkan sebesar Rp 1,21 triliun lebih atau naik 5,87 persen dibandingkan tahun 2022.

“Sedangkan pada sektor belanja, akan ada penurunan target sebesar 0,58 persen jika dibandingkan dengan tahun 2022 yakni hanya sebesar Rp 1,23 triliun lebih,”sebutnya.

Selanjutnya Fairid menjelaskan, untuk program dan kegiatan pada APBD tahun 2023 disusun atas dasar kebutuhan nyata masyarakat sesuai dengan tuntutan dan dinamika yang berkembang, yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan yang lebih baik.

“Saya berharap RAPBD yang telah disepakati ini dapat disesuaikan dengan visi misi dan tupoksi serta kewenangan setiap OPD, agar dapat diusulkan program dan kegiatannya melalui RKA-SKPD,”papar Fairid.

Sementara itu Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto berharap agar seluruh rancangan APBD tahun 2023 mendatang bisa berjalan lancar. “Kami akan mengawal agar APBD yang berjalan nantinya bisa mengatasi masalah dan dinamikan di tengah masyarakat,” tandasnya.(VD)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!