Kalimantan TengahNasional

Kalteng Raih Penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik

TANGGERANG – Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran melalui Sekretaris Daerah, H. Nuryakin menerima penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2022, di Atria Hotel Gading Serpong, Tangerang, Banten, Rabu (14/12/2022).

“Ini merupakan kebanggaan tidak hanya untuk Pemerintah provinsi tetapi juga masyarakat Kalimantan Tengah. Keterbukaan informasi memang sangat diperlukan untuk menunjang tugas-tugas dalam melaksanakan tugas pembangunan di Kalimantan Tengah ke depannya,” ucap Nuryakin disela kegiatan.

Lebih lanjut Sekda menyebutkan bahwa ini merupakan langkah awal untuk menuju kesuksesan yang lebih baik lagi. “Kami berharap ke depannya bisa lebih meningkat lagi dalam keterbukaan informasi publik,” tutur Nuryakin.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI, Mahfud MD mengatakan Indonesia harus memajukan demokrasi yang inklusif, adil dan akuntabel dengan mengutamakan kepentingan seluruh warga negara, memperkuat keragaman budaya serta mendorong akses informasi untuk mendukung keterbukaan informasi publik yang merupakan salah satu ciri dan sistem pemerintahan yang demokratis.

“Akses informasi merupakan bagian penting dalam partisipasi publik dalam proses pembuatan kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah. Adanya partisipasi publik dalam proses pengambilan kebijakan publik akan dapat mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih, karena publik turut serta dalam proses pembuatan rancangan kebijakan dan mengawasi kebijakan tersebut,” pungkas Mahfud.

Sebagai informasi, Pemerintah provinsi yang juga mendapatkan penghargaan kategori Informatif adalah Jawa Timur (98,09), Banten (97,91), Bali (97,72), DKI Jakarta (97,53), DI Yogyakarta (97,44), Kepulauan Riau (96,03), Riau (95,97), Kalimantan Timur (95,93), Lampung (95,28), Sumatera Selatan (93,96), Sulawesi Tengah (93,80), Kalimantan Barat (93,46), Nusa Tenggara Barat (93,35), Sulawesi Barat (90,87), dan Papua (90,45). (Red/*)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *