DPRD KatinganHEADLINE

Dewan Apresiasi Program Jemput Bola Disdukcapil

KASONGAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Katingan baru-baru ini telah melaksanakan program jemput bola untuk kepengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) berbasis elektronik.

Menanggapi kinerja dari disdukcapil ini, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Muhammad Effendi memberikan apresiasi.

“Atas program jemput bola ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, mengingat tidak semua masyarakat memiliki waktu luang yang banyak untuk mengurus data kependudukan,”Ujar Fendi, Rabu (22/2/2023) pagi dikantor DPRD Katingan.

Program jemput bola ini menurutnya, lebih memudahkan masyarakat untuk mendaftarkan diri membuat Kartu Keluarga (KK), Elelktroni Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) serta akta kelahiran anak.

Selain daripada itu, dengan adanya program jemput bola ini menurut Fendi juga untuk dapat membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Katingan untuk mengetahui jumlah data penduduk yang sudah bisa ikut memberikan hak suara saat pelaksanaan pesta demokrasi tahun 2024 mendatang.

“Disisi lain untuk mendata kependudukan bagi warga yang memang belum terdaftar juga tentunya cukup membantu pihak KPU,”Imbuhnya.

Dirinya berharap program jemput bola yang dilakukan disdukcapil ini bisa terus berlanjut, terutama ke wilayah yang cukup jauh dari ibukota kabupaten terutama masyarakat bagian hulu dan hilir.

“Kebanyakan masyarakat kemungkinan enggan berangkat ke ibukota kabupaten jika hanya untuk mengurus data diri terlebih jika jarak tempuhnya sangat jauh, untuk itu program jemput bola diharapkan bisa terus berlanjut,”Pungkasnya.

(tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!