Barito Timur

Edukasi Pengolahan Sampah Organik Menjadi Eco Enzyme

Foto : Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Barito Timur, Munita Mustika Dewi melakukan foto bersama para siswa siswi SMA 1 Tamiang Layang.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Dalam rangka menambah wawasan dan kepedulian lingkungan bagi pelajar. Tim penggerak PKK Kabupaten Barito Timur melakukan edukasi pengolahan sampah organik rumah tangga menjadi Eco Enzyme. Sosialisasi dan edukasi yang di gelar di aula SMA 1 Tamiang Layang.

“Kegiatan hari ini yaitu sosialisasi dan pelatihan mengenai sampah rumah tangga kita, sehingga menjadi bermanfaat dan tentunya mengurangi sampah-sampah yang ada di Barito Timur ini,” kata Munita Mustika Dewi, Kamis (23/2/2023).

Selanjutnya, selain mengelola sampah namun ada juga mengedukasi manfaat sampah menjadi pupuk.

“Karena pengurus Eco Enzyme di Barito Timur ini baru terbentuk dan baru melakukan dua kali kegiatan setelah PKK sebagai induknya dan kita juga melakukan di SMA ini,” ujarnya.

Kemudian, selain bermanfaat bagi para pelajar di SMA ini, pengelolaan sampah menjadi Eco Enzyme sangat bermanfaat untuk para petani.

“Kemungkinan kita akan memperluas lagi sosialisasi secara khusus di pertanian, sehingga di pertanian kedepannya menggunakan pupuk buatan sendiri tanpa mengandung bahan kimia sehingga alami,” jelasnya.

Pada akhir acara para peserta melakukan praktek secara langsung bagaimana membuat Eco Enzyme serta berapa takaran yang di butuh kan agar proses pembuatannya sempurna. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!