DPRD Katingan

Masyarakat Juga Harus Usulkan Untuk Peningkatan SDM

“Tentu kita terima saja jika ada usulan untuk pembangunan infrastruktur, namun perlu juga adanya usulan untuk program selain pembangunan fisik,”Ucap Tonny.

Kasongan – Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2024 sudah digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan sejak Senin (13/2) lalu hingga sekarang, di masing-masing kecamatan.

Dari 13 wilayah kecamatan tersebut, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Toni Yosepta hadir di daerah pemilihan (dapil) I yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Hilir, Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan.

Pada hari kedua pelaksanaan musrenbang, legislator Partai Golongan Karya (Golkar) ini mendapatkan kesempatan untuk menjelaskan sejumlah pertanyaan yang disampaikan oleh masyarakat yang mengikuti jalannya musrenbang dan memberikan masukan kepada Kepala Desa (Kades) dan masyarakat Tewang Sanggalang Garing.

Salah satu saran yang disampaikan Tonny saat yaitu terkait usulan dari masyarakat, dimana menurutnya bahwa masyarakat jika ingin menyampaikan usulan jangan saja hanya mengarah kepada pembangunan fisik namun perlu juga adanya usulan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Tentu kita terima saja jika ada usulan untuk pembangunan infrastruktur, namun perlu juga adanya usulan untuk program selain pembangunan fisik,”Ucap Tonny.

Salah satu masukan dari Tony yaitu, terkait dengan pelatihan bagi masyarakat, pengadaaan diklat yang bisa meningkatkan SDM.

“Untuk peningkatan SDM sebenarnya tidak kalah pentingnya dengan pembangunan fisik, karna ini akan meningkatkan pola pikir masyarakat,”Imbuhnya.

Adapun salah satu manfaatnya, kata dia, dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Misalnya, usul pelatihan pertukangan, menjahit, montir kendaraan, montir elektronik, kuliner dan lain sebagainya.

“Jika usul seperti ini diterima oleh dinas yang bersangkutan, dan dilaksanakan masyarakat tentu saja mendapatkan ilmu,” ujarnya.

Ilmunya itulah yang bermanfaat untuk menciptakan pekerjaan sendiri dan hasilnya dapat meningkatkan penghasilan. Paling tidak, bisa menambah penghasilan keluarga.

“Usul ini tidak hanya ke satu dinas, tapi ada beberapa dinas yang ada di lingkup Pemkab Katingan,” pungkas anggota dewan asal dapil Katingan I yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Hilir, TSG dan Pulau Malan ini.

(tri)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!