HEADLINEKatingan

Ribuan Umat Hindu Hadiri Perayaan Dharma Santi Di Katingan

KASONGAN – Ribuan umat Hindu hadiri perayaan Dharma Santi Nyepi Tahun Baru Saka 1945/2023 Masehi yang di gelar oleh Pemerintah Kabupaten Katingan bersama Parisada Hindu Dharma Indonesia (PDH) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), di gedung Salawah Kasongan, Jumat 26 Mei 2023.

Perayaan ini dihadiri Staf Ahli Gubernur Kalteng Yuas Elkon, Ketua Parum Palaka Arton D Dohong, Ketua PHD8 Kalteng I Wayan Suatua, Ketua Majelis Besar Agama Hindu Kaharingan Pusat Walter S Penyang, dan Pj Bupati Katingan Tahun 2018 Baru I Sangkai, Rektor Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangkaraya, Kakanwil Kemenag Kalteng.

Sementara dari Kabupaten Katingan turut hadir Bupati Katingan Sakariyas, Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang, Kapolres Katingan, Dandim 1019 Katingan, Sekda Katingan, Sejumlah Kepala SOPD, Ketua TP-PKK dan GOW, Ketua PHDI dan MDHK Kabupaten/Kota dan ribuan umat hindu yang hadir dari berbagai wilayah kecamatan se Kabupaten Katingan.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Katingan dan atas nama Pribadi menyampaikan selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 kepada umat Hindu di seluruh Dunia dan terkhusus Masyarakat Hindu di Kalimantan Tengah,” terang Bupati Katingan Sakariyas, saat menyampaikan sambutan pada perayaan Dharma Santi Nyepi Tahun Baru Saka, digedung Salawah Kasongan, Jumat 26 Mei 2023.

Sakariyas, menyampaikan bahwa umat Hindu di Kabupaten Katingan hingga tahun 2023 ada berjumlah 34.280 jiwa, mempunyai balai ibadah 82 buah dan 1 buah sekretariat Lembaga Pengembangan Tandak Intan Kaharingan  (LPT-IK) bertempat di Jalan Soekarno Hatta Kota Kasongan.

Sehingga hal ini menurutnya merupakan bukti nyata pola pembinaan dari pemerintah daerah, bahkan beberapa hari yang lalu sudah menandatangi Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk pelaksanaan festival Tandak Intan Kaharingan tingkat Kabupaten Katingan tahun 2023.

“Jumlah umat Hindu yang ada ini berada pada nomor dua banyaknya, setelah umat Muslim nomor 1 terbanyak. Kemudian ada umat Nasrani kurang lebih 20 ribu atau 15 persen. Saya merasa bangga kegiatan ini dilaksanakan se Provinsi Kalteng di Kabupaten Katingan, walaupun persiapannya tidak terlalu lama tetapi bisa dilaksanakan dengan baik,” jelas Sakariyas.

Lanjutnya Pemerintah Kabupaten Katingan adalah kabupaten yang dibangun dengan kebersamaan, banyak terlibat tokoh-tokoh agama sehingga peran serta ini yang menjadi dasar  bagaimana  Pemerintah Kabupaten Katingan konsen dalam pembinaan seluruh agama yang ada.

“Selamat ber-dharma santi untuk kita semua, semoga pergantian tahun baru saka ini bisa memberikan vibrasi positif bagi kehidupan kita yang baru untuk selalu memayu hayuning bhawono, sebagai gargita untuk bersama mewujudkan keharmonisan, kedamaian, dan jagadhita, Rahayu, Rahayu, Rahayu,” pungkasnya.

(tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!