Kotawaringin Timur

Pemdes Gelar Pengobatan Tradisional Gratis bagi Warga Penyaguan

KOTIM – Pemerintah Desa Penyaguan, Kecamatan Pulau Hanaut Kotawaringin Timur (Kotim), menggelar kegiatan pengobatan tradisional gratis bagi warga desanya, Selasa (12/07/2023).

“Kami mendatangkan langsung Paman Dakai, ahli pengobatan tradisional dayak asal Balikpapan, Kalimantan Timur,” kata Kepala Desa Penyaguan Zainal Abidin.

Ia menyebutkan ada ratusan warga yang datang untuk berobat, bahkan ada yang datang dari luar wilayah desanya.

“Yang mendaftar untuk mengikuti pengobatan tradisional ini hampir 300 orang. Mereka tidak hanya warga di Desa Penyaguan, namun ada juga dari Desa Babaung, Bapinang Hulu, Bamadu, dan desa di kecamatan lain,” ucap Zainal.

“Pengobatan tradisional dayak yang diadakan di Desa Penyaguan ini tidak dipungut biaya alias gratis, terutama pada saat pendaftaran,” jelasnya.

Menurut Zainal pasien yang diutamakan untuk pengobatan ini adalah penderita stroke tahunan, tuna wicara, lumpuh total hingga sakit ringan.

“Ada yang stroke sudah 20 tahun setelah diobati sekarang sudah bisa jalan,” ujarnya.

Sementara itu, Paman Dakai menjelaskan bahwa pengobatan tradisional yang ia lakukan hanya menggunakan minyak khusus yang berasal dari Suku Dayak.

Menurutnya ia telah melakukan pengobatan di 28 desa yang tersebar di Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

“Di Kotim di Kelurahan Basirih Hilir, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Desa Penyaguan Kecamatan Pulau Hanaut, dan Desa Sungai Paring Kecamatan Cempaga,” ujarnya.

“Kesembuhan pasien berkat izin Allah, Tuhan yang maha Esa,” tandas Paman Dakai. (Tbk)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!