DPRD Kota Palangka Raya

Posyandu Terdepan Cegah Stunting

Foto : Wakil Ketua I Komisi C DPRD Palangka Raya, Ruselita.

GERAKKALTENG. com – Palangka Raya – Wakil Ketua I Komisi C DPRD Palangka Raya, Ruselita mengatakan, keberadaan posyandu atau pos layanan terpadu, dapat menjadi bagian dari pelayanan kesehatan terdepan dalam mencegah stunting.

“Maka itulah kader-kader posyandu harus aktif dalam menjalankan fungsi dan perannya, mengingat posyandu adalah struktur terkecil dan terdepan dari pelayanan kesehatan yang diberikan pemerintah,”ungkap Ruselita, Selasa (29/8/2023) di Palangka Raya.

Tidaklah berlebih lanjut srikandi DPRD Palangka Raya dari Partai Perindo ini mengungkapkan, jika posyandu disebut sebagai ujung tombak pencegahan stunting. Hal itu dikarenakan posyandu bisa menjangkau masyarakat secara langsung.

Selain itu, keberadaan posyandu juga dapat memberdayakan para ibu untuk memperhatikan kesehatan anak dan pola konsumsi keluarga.

“Posyandu ini menjadi wadah strategis dalam mendukung peningkatan gizi anak. Tak kalah penting, peran kader-kader dalam penyelengaraan posyandu sangat berpengaruh dalam mencegah serta menekan angka stunting,”tambahnya.

Maka dari itulah imbuh Ruselita, pihaknya mendorong peran posyandu yang ada di Kota Palangka Raya, terutama para kader-kadernya untuk lebih maksimal membantu pemerintah dalam mencegah serta menekan angka stunting.

“Harus disadari, peran utama posyandu yang strategis ada pada deteksi awal terkait dengan pemantauan tumbuh kembang bayi dan balita. Inilah mengapa saat ini peran aktif kader posyandu sangat diharapkan,”pungkasnya.(Red/Vd/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!