Gunung Mas

SOPD di Gumas Diminta Serius Tangani Sanitasi

KUALA KURUN – Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di wilayah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas (Gumas) diminta serius dalam menangani masalah sanitasi.

 

Hal ini diungkapkan Pj Sekda Gunung Mas Richard. “Diharapkan semua SOPD yang terkait dengan sanitasi benar-benar serius dalam merencanakan program kegiatan di daerah beresiko berdasarkan skala prioritas dengan dokumen pemutahiran Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota (SSK) akan menjadi acuan dalam perencanaan dan implementasinya,” ujar Richard, Kamis (7/9/2023).

 

Dikatakan Richard, ada enam daerah di Kabupaten Gumas yang terindentifikasi beresiko sangat tinggi di bidang sanitasi. Yakni Kecamatan Tewah, Kecamatan Damang Batu, Kecamatan Miri Manasa, Kecamatan Rungan Hulu, Kecamatan Manuhing Raya, dan Kecamatan Rungan Barat.

 

“Sanitasi sebagai salah satu aspek pembangunan memiliki fungsi penting dalam menunjang tingkat kesejahteraan masyarakat, karena berkaitan dengan kesehatan, pola hidup, kondisi lingkungan permukiman serta kenyamanan dalam kehidupan sehari – hari” jelas Richard.

 

Dibeberkan juga, pembangunan sanitasi meliputi bidang pelayanan air limbah, persampahan, drainase. Semuanya merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus tersedia dan merupakan tanggung jawab bersama.

 

Ia juga mengatakan, Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) diarahkan untuk menciptakan lingkungan kondusif yang dapat mendukung terciptanya percepatan pembangunan sanitasi melalui advokasi, perencanaan strategis, dan implementasi yang komprehensif dan terintegrasi. (rik/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!