HEADLINEKalimantan TengahKalteng Berkah

Wagub Edy Pratowo Buka secara Resmi Rakor Keprotokolan Se-Kalimantan Tengah Tahun 2023

Gerakkalteng.com – Palangka Raya – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Keprotokolan Se-Kalimantan Tengah Tahun 2023,  bertempat di Ballroom Hotel Luwansa Palangka Raya, Rabu (15/11/2023).

Wagub Kalteng dalam sambutannya menyampaikan, atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengapresiasi atas terselenggaranya Rapat Koordinasi yang mengusung tema “Optimalisasi Koordinasi Dalam Rangka Penyamaan Persepsi Keprotokolan”.

“Saya berharap, kegiatan ini mampu meningkatkan sinergisitas dan kerjasama antar bagian Protokol Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah, selaras dengan tema yang diusung dalam kegiatan ini” kata Wagub.

Tugas utama dari seorang protokoler tidak lepas dari memberikan penghormatan kepada pejabat pemerintah, memberikan pedoman penyelenggaraan suatu acara dan menciptakan hubungan baik dalam tata pergaulan antar instansi, daerah, maupun antar bangsa.

“Kegiatan ini sangat penting mengingat protokoler adalah garda terdepan dalam pelayanan pimpinan serta menjaga martabat dan wibawa pimpinan, maka petugas protokol dituntut untuk dapat memahami ruang lingkup keprotokolan” ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, keprotokolan memiliki dampak besar terhadap pandangan dan prilaku hubungan baik dengan pemangku kepentingan.

“Saya menekankan agar petugas Protokol selalu berkoordinasi dan memiliki kerja sama tim yang baik, karena dalam mencapai kesuksesan, kerjasama tim yang solid adalah fondasi kuat untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien” imbuhnya.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mendukung penuh kegiatan Rakor Keprotokolan ini. diharapkan dapat menjadi wadah penyerapan dan sharing informasi yang berkaitan dengan keprotokolan. Selain itu juga mampu menambah pemahaman, pengetahuan dan pengalaman mengenai keprotokolan bagi pesertanya.

Pada kesempatan yang sama Asisten Administrasi Umum Sri Suwanto saat membacakan sambutan Sekda Kalteng menyebutkan tujuan dari rakor ini adalah untuk memberikan pedoman dan meningkatkan pengetahuan serta pemahaman Petugas Protokol Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Pemerintah Kabupaten/Kota, Instansi Vertikal dan BUMD.

“Kegiatan Rakor ini diikuti sebanyak 80 orang peserta, terdiri dari masing-masing satu orang dari tata usaha gubernur dan wakil gubernur, serta Sekda. Tiga orang Kepala Sub Bagian Rumah Tangga protokol Bandara, 24 orang protokol Forkopimda, 28 orang protokol Kabupaten/Kota, serta 10 orang protokol Provinsi, dan 10 orang panitia” sebut Sri.

“Atas nama Pemerintah Prov. Kalteng, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kemensesneg RI, atas perhatian dan dukungannya terhadap program kerja Setda Kalteng khususnya di bidang keprotokolan serta bagian yang tidak terpisahkan dari suatu organisasi terlebih organisasi pemerintahan” tutupnya.

Pada kegiatan rakor ini menghadirkan tiga orang nara sumber, yaitu Pakar Keprotokolan dan Etika Pergaulan Internasional, Kemensesneg RI Sandra ErwantoKadis Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Prov. Kalteng Agus Siswadi, dan Karo Administrasi Pimpinan Johni Sonder.

Turut hadir pada rakor ini Kepala Perangkat Daerah, Instansi Vertikal dan Pimpinan BUMD di lingkungan Pemprov Kalteng.

(Don/mmc/**)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!