Barito Timur

Pastikan Keamanan Pangan, Dinkes Lakukan Tes Sampel Makanan Pasar Ramadhan

Foto : Petugas Dinkes melakukan cek sampel makanan takjil di Pasar ramadhan.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur melakukan pengawasan dan pengamanan makanan di Pasar ramadhan. Untuk memastikan keamanannya, Dinkes mengecek 10 sampel makanan dan minuman yang dijual pedagang, Rabu (20/3/2024).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, dr. Jimmy Hutagalung melalui Sanitarian Ahli Muda Untung Suhari SKM MM menjelaskan, operasi ini melibatkan tim dari Dinas Kesehatan. Tidak hanya memberikan edukasi kepada pedagang, Tim Dinas Kesehatan juga melakukan pengambilan sampel makanan secara acak dari berbagai jenis makanan yang dijual di pasar ramadhan.

Sebanyak 10 sampel makanan telah diperiksa, dengan fokus pada parameter ecoli, shigella sp, dan salmonella sp.

Setelah pengambilan sampel, terang Untung, hasilnya segera dikirim ke laboratorium di Palangkaraya untuk dilakukan analisis lebih lanjut.

Sementara itu di kecamatan dusun tengah, ujar Untung, petugas sanitarian dari Puskesmas Ampah dan Puskesmas Unsum turut serta dalam operasi ini dengan melakukan pengawasan dan pengambilan sampel di pasar ramadhan.

Diharapkan, melalui kegiatan ini akan memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat, sehingga mereka dapat menikmati makanan dengan tenang dan terhindar dari risiko penyakit dan keracunan pangan.

Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur untuk menjaga kesejahteraan masyarakat, terutama dalam menghadapi momen penting seperti bulan suci ramadhan.

Dalam operasi pemeriksaan makanan ini, kata Untung, dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan pangan ditengah masyarakat, serta mendorong para pedagang untuk lebih memperhatikan kualitas dan kebersihan makanan yang mereka jual, demi kebaikan bersama selama bulan puasa yang penuh berkah ini.

“Selain di pasar ramadhan dalam waktu dekat ini juga kami akan mengambil sampel makanan takjil pada beberapa masjid di wilayah Kabupaten Barito Timur,” demikian. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!