HEADLINEKatingan

Sekda Ikuti Rakor Inflasi Bulan Maret 2024

KASONGAN – Sekda Katingan Pransang mengikuti pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakor) inflasi perbulan maret tahun 2024 secara virtual, Senin (25/3/2024) di media centre diskominfostandi katingan.

Rakor Pengendalian Inflasi ini dipimpin Irjen Kemendagri Ri Tomsi Tohir yang dalam hal ini mewakili Menteri Dalam Negeri RI.

Dikatakan Tomsi Tohir terdapat 6 (enam) komoditas yang mengalami kenaikan pada kabupaten/kota di Indonesia, yaitu telur ayam ras mengalami kenaikan pada 296 kabupaten/kota., daging ayam ras mengalami kenaikan pada 271 kabupaten/kota., minyak goreng mengalami kenaikanpada 262 kabupaten/kota, bawang putih mengalami  kenaikan pada 263 kabupaten/kota., gula pasir mengalami kenaikan pada 212 kabupaten/kota dan daging sapi mengalami kenaikan pada 97 kabupaten/kota.

Foto : Daftar kenaikan pangan tingkat kabupaten/kota.

“Enam upaya konkrit tersebut yakni melaksanakan operasi pasar murah; melaksanakan sidak ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang; kerja sama dengan daerah penghasil komoditas untuk kelancaran pasokan; gerakan menanam; merealisasikan BTT; dan dukungan transportasi dari APBD. Kami juga mengimbau agar operasi pasar murah benar-benar dilaksanakan dengan sebenar-benarnya dan dilaksanakan terus menerus supaya berdampak, dan masih ada sebanyak 214 kab/kota yang belum melakukan sama sekali upaya konkrit dalam penanganan inflasi, agar segera melaksanakan arahan Mendagri secara maksimal,” ujarnya.

Selesai kegiatan rakor, Sekda Kabupaten Katingan menyampaikan bahwa Kabupaten Katingan melalui TPID Kabupaten Katingan telah melakukan upaya-upaya penanganan inflasi, salah satunya melaksanakan pasar murah, dan memerintahkan TPID Kabupaten Katingan selalu menyampaikan laporan secara berkala kepada Kepala Daerah.

(tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!