Barito Timur

Pj Bupati Barito Timur Sambut Baik Investasi PT ITK dalam Kelola Dermaga Telang Baru

Foto : Pj Bupati Bartim, Indra Gunawan memimpin rapat koordinasi rencana pengelolaan Dermaga Telang Baru, Jumat di Ruang Rapat Bupati, Tamiang Layang.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Penjabat (PJ) Bupati Barito Timur, Indra Gunawan menyambut baik akan kehadiran PT. Indonesia Terminal Kargo (ITK) yang akan menginvestasikan kurang lebih Rp 50 Milyar dalam pengelolaan Dermaga Telang Baru di Desa Telang Baru Kecamatan Paju Epat.

Hal tersebut disampaikan usai memimpin rapat koordinasi rencana pengelolaan Dermaga Telang Baru, Jumat (17/05/2024) bertempat di Ruang Rapat Bupati.

“Menyambut baik rencana ini dan menekankan pentingnya memanfaatkan aset daerah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan sangat disayangkan jika ada aset Pemerintah Kabupaten Barito Timur yang tidak dimanfaatkan. Kami berharap semua dokumen yang diperlukan selesai pada 2024, dan pada 2025 aset pelabuhan ini sudah bisa dimanfaatkan,” Ucap Indra.

Ujarnya, kajian teknis terkait pengelolaan dermaga akan segera dilakukan dan hasilnya akan dituangkan dalam perjanjian kerjasama (PKS).

Ketua DPRD Barito Timur, Nur Sulistio, juga menyatakan dukungannya terhadap rencana ini.

“Pemanfaatan aset ini merupakan langkah potensial untuk mempercepat pembangunan di Kabupaten Barito Timur dan akan menyumbangkan PAD yang signifikan jika dikelola dengan baik. Kami berharap rencana ini dapat terealisasi dan operasional pada 2025,” kata Nur.

Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan pembangunan daerah akan semakin cepat dan kesejahteraan masyarakat Barito Timur dapat meningkat melalui optimalisasi aset daerah.

Direktur Utama PT ITK, Sugeng, menyatakan bahwa perusahaan tersebut telah memiliki perizinan sesuai dengan peraturan kepelabuhanan yang berlaku.

“Investasi awal yang kami sediakan kurang lebih Rp 50 Milyar untuk pengelolaannya,” kata Sugeng.

Bahwa untuk mengelola dermaga tersebut, sangat diperlukan peningkatan status dari dermaga sungai dan danau menjadi pelabuhan umum.

“PT ITK berjanji memberikan pembagian hasil sebesar 20 persen dari keuntungan bersih kepada Pemerintah Kabupaten Barito Timur setiap tahunnya, dan itu akan terus meningkat melihat dari perkembangan usaha,” demikian. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!