Kalimantan Tengah

DPMD Resmi Buka Pasar Murah di Dermaga Plamboyan

FOTO : Kadis PMD saat membuka pasar murah di dermaga plamboyan

Gerakkalteng.com – Palangka Raya – Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah atau Lebaran Haji 2024, Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran melalui jajaran di Pemprov Kalteng menginisiasi diselenggarakannya pasar murah di Dermaga Flamboyan, Kelurahan Langkai, Kota Palangka Palangka, Jumat (7/6/2024).

Pasar murah dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Prov. Kalteng H. Aryawan mewakili Gubernur Kalteng. Dalam sambutannya, Aryawan mengatakan Pasar murah ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan dalam menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) sekaligus guna mengantisipasi agar tidak terjadi kenaikan harga dan kelangkaan barang menjelang Idul Adha 1445 H ini yang dapat memacu inflasi daerah.Ia mengungkapkan berdasarkan rilis BPS, pada Bulai Mei 2024, inflasi Kalteng masuk urutan terendah dibanding nasional. Menurutnya, inflasi Kalteng menurun disebabkan gencarnya dilaksanakan pasar murah di kabupaten/ kota yang dilakukan oleh Pemprov Kalteng.Dikatannnya, adapun tujuan dari dilaksanakannya pasar murah ini untuk membantu masyarakat yang saat ini sedang membutuhkan 9 (sembilan) bahan pokok.

“Pemerintah punya kebijakan dalam melaksanakan pasar murah yang mana harga paket sembakonya masih bisa dijangkau masyarakat”, tuturnya.

Pada kesempatan ini, khusus di Kelurahan Langkai dibagikan 1000 paket sembako kepada masyarakat yang diberikan secara bertahap yakni tahap pertama sebanyak 500 paket terlebih dahulu.

Sebagai informasi, pada pasar murah hari ini, disalurkan beras premium 10 kg, gula 1 kg dan minyak goreng 900 ml dengan total harga Rp.200.000,- dan kemudian disubsidi oleh Pemerintah Provinsi sebesar Rp.180.000,- sehingga masyarakat hanya membayar sebesar Rp.20.000,- per paket.Lurah Langkai Sriwanti atas nama seluruh masyarakat Kelurahan Langkai mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalteng yang sudah banyak sekali membantu warga Langkai. Dijelaskannya pada beberapa waktu lalu, Gubernur Kalteng beserta jajaran juga telah membantu warga Kelurahan Langkai yang terkena musibah kebakaran.

“Sungguh sangat luar biasa bantuan yang diberikan ini karena sangat membantu meringankan beban warga kami dan bantuan ini tepat sasaran karena warga di Flamboyan memang layak menerima bantuan terkhusus kepada warga yang terkena musibah kebakaran”, ucap Sriwanti.

Ia berharap kedepannya masih ada lagi bantuan-bantuan seperti pasar murah dan bantuan lainnya dari Pemprov Kalteng.

Diinformasikan, pasar murah di Kota Palangka Raya digelar serentan di 5 (lima) titik diantaranya di Halaman Masjid Pahandut Seberang yakni Kelurahan Pahandut Seberang, Flamboyan bawah di Kelurahan Langkai, Kantor Kelurahan Pahandut, Pelabuhan Rambang di Kelurahan Pahandut dan Mendawai Bawah di Kelurahan Palangka.

Turut hadir dalam pembukaan pasar murah diantaranya Inspektur Prov. Kalteng Saring, Kepala BKD Prov. Kalteng Lisda Arriyana serta Kepala Kantor Bulog Wilayah Kalteng Budi Cahyanto. (Mmc/mara/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!