Barito Timur

Gelorakan Semangat Perjuangan di Hari Lahir Pancasila

Foto : Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Barito Timur, upacara diikuti secara virtual di ruang rapat Kantor Bupati Barito Timur.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Tanggal 1 Juni merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, menandai lahirnya Pancasila sebagai dasar negara pada tahun 1945. Pagi ini, Sabtu (1/6/2024), upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 dilaksanakan secara terpusat di Lapangan Garuda PHR Dumai, Blok Rokan, Kota Dumai, Provinsi Riau. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, bertindak sebagai inspektur upacara yang diikuti oleh berbagai elemen masyarakat seperti TNI, POLRI, KNPI, Purna Paskibraka, tenaga kesehatan, organisasi Pramuka, dan pelajar.Di Kabupaten Barito Timur, upacara diikuti secara virtual di ruang rapat Kantor Bupati Barito Timur.

Pj Bupati Barito Timur Indra Gunawan diwakili oleh Sekda Panahan Moetar, bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, asisten, staf ahli, kepala perangkat daerah dan pejabat eselon III.Sekda Barito Timur, Panahan Moetar, menegaskan, pentingnya memperingati Hari Lahir Pancasila.

Dirinya mengingatkan, bahwa Pancasila merupakan dasar dari seluruh kehidupan bangsa dan negara Indonesia, yang lahir melalui perjuangan yang tidak mudah. Nilai-nilai yang terkandung dalam lima sila Pancasila, menurutnya, sangat menginspirasi generasi muda masa kini.”Perjuangan untuk merumuskan dan menjadikan Pancasila sebagai dasar negara tidaklah mudah. Nilai-nilai kebersamaan dan perjuangan bangsa Indonesia yang terkandung dalam lima sila Pancasila sangat menginspirasi kita semua, khususnya generasi muda saat ini,” ujar Panahan disela kegiatan diwawancarai wartawan.

Selanjutnya, bahwa memperingati Hari Lahir Pancasila dengan sungguh-sungguh adalah bentuk penghargaan atas perjuangan para pendiri bangsa.

”Dengan semangat Pancasila, kita harus terus memperkuat persatuan dan kesatuan, serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya.

Menurutnya, upacara peringatan ini menjadi momentum penting untuk menggelorakan semangat perjuangan dan kebersamaan yang telah diwariskan oleh para pendiri bangsa.

Dengan adanya peringatan ini, pesannya, seluruh elemen masyarakat semakin memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, demi kemajuan dan kejayaan bangsa Indonesia, khususnya Barito Timur. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!