HEADLINEKatingan

Delegasi Negara Nepal Kunjungi Desa Hiyang Bana

KASONGAN,GK- Delegasi pemerintah negara Nepal mengunjungi Desa Hiang Bana, Kecamatan Tasik Payawan, dalam rangka studi banding dan kunjungan lapangan, Rabu (17/1/2018)

Sebanyak tujuh orang warga negara Nepal serta beberapa orang perwakilan Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, pada kunjungan nya mendatangi posyandu Sehati desa Hiyang Bana.

Hadir saat kegiatan tersebut, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabul Mustiman, Kepala Dinas Kesehatan Katingan Robertus Pamuryanto serta Ketua PKK Katingan Daurwati Sakariyas, serta masyarakat desa Hiyang Bana.

Dalam kehadiran delegasi pemerintahan negara Nepal, di tempat tersebut dilakukan kegiatan pengecekan kesehatan ibu dan anak balita di posyandu Sehati.

Kepala Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabul Mustiman menyampaikan bahwa, tujuan dari kedatangan delegasi pemerintah negara Nepal adalah studi banding.
“Tujuan daripada kedatangan negara Nepal ke Kabupaten Katingan ini yaitu untuk studi banding, terkait dengan pelaksanaan program generasi sehat dan cerdas, yang juga dikaloborasikan dengan kegiatan posyandu,”Imbuhnya

Kabul mengatakan jika dari delegasi negara Nepal, mereka ingin belajar bagaimana proses pelaksanaan kegiatan masyarakat terutama di posyandu, dimana kegitan di posyandu merupakan kegiatan non rumah sakit yang dikelola masyarakat secara mandiri, dalam rangka membantu untuk melakukan pelayan terhadap kesehatan ibu dan anak balita di tingkat desa.
“Jadi ini adalah pelayanan yang dilakukan masyarakat non rumah sakit dulu, sebelum mereka datang ke tempat pustu atau puskesmas,”terangnya

“Dengan kegiatan delegasi pemerintah negara Nepal ini, mereka belajar dengan melihat bagaimana pelaksanaan kegiatan Posyandu,”tungkasnya

Kunjungan dari delegasi pemerintah negara Nepal ini sendiri langsung diminta dari pemerintah pusat melalui Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.
Untuk Kalimantan Tengah (Kal-Teng) yang diminta untuk menjadi tempat kunjungan yaitu Kabupaten Pulang Pisau dan Katingan.

Sementara itu Camat Kecamatan Tasik Payawan Pimanto mengatakan suatu kebanggaan dengan kedatangan delegasi pemerintah negara Nepal.
“Kami mengucapkan terimakasih kepada pihak pusat,provinsi dan pihak pusat yang sudah mempercayakan desa Hiyang Bana sebagai tempat pembelajaran,”Katanya

Dirinya menyampaikan bahwa ada suatu kebanggaan atas kunjungan tersebut, berarti daerah Kecamatan ada lebihnya dibidang kesehatan dan pendidikan.
(Tobu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!