DPRD Kota Palangka Raya

Berikan Asuransi Bagi Nelayan Tradisional

PALANGKA RAYA,GK-Anggota komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Sugianor, meminta kepada pemerintah kota (Pemko) setempat, untuk dapat memberikan asuransi kepada para nelayan nokal yang selama ini melakukan kegiatan sebagai petani nelayan tradisional di perairan wilayah Palangka Raya.
Hal itu kata dia dimaksudkan sebagai salah satu bentuk perlindungan dan kehadiran pemerintah terhadap para nelayan.
“Ya, selama ini Kota Palangka Raya selalu terpenuhi akan kebutuhan konsumsi ikan lokalnya, namun bagaimana dengan kesejahteraan dan jaminan kesehatan para nelayan lokal yang ada apakah sudah terpenuhi dengan baik,”tanya Sugianor
Menurutnya, bila mengacu pada program nasional, maka sudah sangat jelas asuransi nelayan ini sangat diperlukan, termasuk oleh para petani nelayan di Palangka Raya.
“Saya minta Dinas Perikanan dapat segera menindaklanjuti agar nelayan kita mendapat perlindungan karena sampai saat ini belum ada nelayan yang masuk program asuransi,”cetus politisi PKB Kota Palangka Raya ini, Jum’at (23/20).
Lebih lanjut Sugianor mengatakan, manfaat asuransi bagi para nelayan yakni adanya jaminan kematian, cacat tetap, cacat sebagian, biaya perawatan atau pengobatan dan biaya lainnya yang secara langsung disebabkan oleh kejadian kecelakaan atau lainnya sesuai wording polis asuransi kecelakaan diri plus.
“Melalui program tersebut, nelayan kecil dan nelayan tradisional memiliki jaminan perlindungan atas risiko yang dialami nelayan, sehingga nelayan lebih tenteram dan nyaman dalam berusaha,”jelasnya lagi.
Bagi Sugianor, dengan adanya program pemerintah tentang pemberian asuransi bagi nelayan lokal, maka secara tidak langsung pemerintah telah turut andil dalam membantu memberikan kesejahteraan dan peningkatan kualitas hidup bagi nelayan lokal atau tradisional
“Hal ini kita harapkan dapat dilakukan oleh emerintah kota, terutama dalam memanfaatkan program nasional tersebut dalam upaya memberikan perlindungan dan jaminan terhadap para nelayan, terutama nelayan lokal di Palangka Raya,”pungkasnya.VS

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!