DPRD Kota Palangka RayaHEADLINE

Menjelang Pilkada, Para Tokoh Diharapkan Junjung Sikap Netralitas

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto : Berharap Para Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat Dan Tokoh Adat Mampu Menjunjung Tinggi Sikap Netralitas

PALANGKA RAYA,GK-Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, khususnya untuk pemilihan wali kota dan wakil wali kota (Pilwalkot) Palangka Raya yang akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 mendatang, maka para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat diwilayah kota setempat mendapat perhatian serius, terutama diharap mampu menjunjung tinggi sikap netralitas.
Hal ini disampaikan Ketua DPRD Kota palangka Raya, Sigit K Yunianto, usai menghadiri apel gelar pasukan pengamanan Pilkada serentak 2018 yang digelar di halaman balai kota Palangka Raya,Jumat (9/2).
Bagi Sigit, para tokoh harus menjadi tauladan dimasyarakat, bahkan alangkah bagusnya dapat menuntun masyarakat dalam meningkatkan partisipasi dalam memilih pemimpin yang berkualitas, tanpa harus mengarahkan ke hal-hal yang konteksnya ranah politik.
“Jadi setiap tahapan hingga dengan tahapan pelaksanaan Pilkada, maka para tokoh itu, harus memiliki jati diri yang profesional dan bersikap netral tanpa memanfaatkan kapasitasnya untuk kepentingan politik,”tegas Sigit.
Lebih lanjut politikus PDI Perjuangan Kota PalangkaRaya ini mengatakan,sikap netralitas para tokoh, tentu secara kaidah ataupun secara jati dirinya telah diatur pada norma-norma keseimbangan selaku panutan masyarakat. Baik dari sisi agama, masyarakat dan adat.
‘Menurut hemat saya, hendaknya kalau ada persoalan ataupun permasalahan yang kurang tepat, para tokoh-tokoh ini jangan secepatnya mengambil sikap. Ya, setidaknya lakukan konfirmasi, tidak perlu memperkeruh suasana. Paling tidak dikoordinasikan, bagaimana dan harus apa dilakukan. Semuanya ada aturan,”tandasnya.
Begitupula dalam hal menyikapi permasalahan yang berkembang, maka sebaiknya tambah Sigit, para tokoh-tokoh harus memperlihatkan jiwa bijak dan mampu menyelesaikan permasalahan yang ada dengan kepala dingin, jangan sampai memicu suasana menjadi tidak baik.
“Jadi mohon kenetralitasan semuanya, mari ciptakan suasanan yang sejuk. Apalagi aparat baik TNI/Polri bersama dengan masyarakat telah bersiaga penuh dalam menghadapi Pilkada. Tentu semuanya menginginkan suasana yang nyaman, damai dan tentram di Kota Palangka Raya,”tuturnya.sog

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!