HEADLINEKatingan

Tes Kesehatan Merupakan Tahapan Krusial

KASONGAN,GK – Tahapan pencalonan cukup krusial dalam rangkaian pemilihan umum. Seperti halnya pemeriksaan kesehatan yang wajib dipenuhi oleh tujuh pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Katingan, salah satunya adalah wajib bersih dari narkotika.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Katingan Sapta Tjita mengatakan, salah satu hal krusial adalah tahap pemeriksaan kesehatan. Menurutnya, pelaksanaan pemilu sebelumnya dijadikan cerminan untuk memperbaiki persyaratan dan mekanisme penyelenggaraan di Pilkada 2018.

“Hal yang disorot dalam tahapan pemeriksaan kesehatan adalah pasangan calon wajib menjalani tes bersih narkotika. Pemeriksanaan kesehatan itu dibagi menjadi tiga tahap dan dimulai sejak tanggal 11 hingga 13 Januari,” ungkapnya, Minggu (14/1).

Cek pertama, para calon kepala daerah ini menjalani serangkaian tes kesehatan jantung dengan treadmill, ekokardiografi, dan USG karotis. Mereka juga mengikuti tes kesehatan mata, gigi, dan mulut. Hari kedua, mereka akan melakoni tes psikiatri lengkap, THT, paru-paru, dan bagian dalam tubuh.

“Poin penilaian dari tes ini adalah kesehatan fisik, fungsi organ tubuh hingga narkoba. Pemeriksaan kesehatan ini mengacu pada standardisasi MCU nasional,” imbuhnya.

Kendati pemeriksaan telah rampung Sabtu kemarin, namun KPU Katingan tidak seketika langsung menerima hasil pemeriksaan kesehatan dari tim dokter di RSUD Doris Silvanus Kota Palangka Raya.

“Kemungkinan hasilnya bisa kami terima setelah semua rangkaian tes dilaksanakan. Hasil tes kesehatan yang diterima pihaknya akan digabung dengan berkas-berkas administrasi lainnya untuk menentukan apakah ketujuh pasangan bakal lolos menjadi calon bupati dan wakil bupati Katingan dalam Pilkada nanti,” katanya.

Dirinya berjanji bakal mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan tersebut kepada publik. Agar masyarakat luas mengetahui apakah bakal calon tersebut lulus atau tidak.

Sebelumnya, pasangan bakal calon bupati Katingan Wiwin Susanto – Elman D. Dangan mengaku siap menjalani tes kesehatan tersebut. Pasangan yang diusung Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan didukung Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu berkeyakinan lulus sempurna.

“Kami siap menjalani semua tes, jadi bukan hanya kesehatan saja. Kami yakin lolos disemua tahapan itu hingga nanti ditetapkan menjadi pasangan calon,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Pilkada Kabupaten Katingan yang digelar Rabu 27 Juni 2018 mendatang diikuti tujuh pasangan calon, tiga dari partai politik dan tiga sisanya perseorangan.
Diantaranya, H Surya – Winda Natalia, Wiwin Susanto – Elman D. Dangan, Sakariyas – Sunardi, Ade Supriadi – Ali Sameon. Serta H Fahmi Fauzi – Maspek J. Garang, H Cornelis – Suryadi, dan Nikodemus – H Mulyani. (BS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!