DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Pilkada 2018 Sebagai Bahan Perbaikan

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Pemilihan walikota dan wakil walikota Palangka Raya sudah dilaksanakan.

Menyikapi pelaksanaan pilkada yang kali ini dirasa sangat aman dan kondusif, anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Anna Agustina Elsye sangat mengapresiasi kerja keras pihak terkait, pemerintah, dan seluruh elemen masyarakat yang bahu-membahu mensukseskan pilkada kali ini.

“Kita saksikan sendiri proses pilkada disini, dari awal penetapan calon hingga hari pencoblosan kemaren semuanya berjalan aman dan lancar, tanpa ada kendala yang berarti. Kita sangat mendukung dan salut kepada seluruh pihak yang mengawasi pilkada ini sehingga terhindar dari isu-isu sara maupun hal lain yang memecah belah persatuan,” ungkap Anna,Jum’at (29/6/2018)

Pelaksanaan pilkada kali ini lanjut Anna dapat menjadi catatan penting dan evaluasi di masa mendatang,

“Dapat menjadi bahan perbaikan dalam proses pendataan pemilih dan sosialisasi kepada masyarakat. Sebab, partisipasi masyarakat dalam pilkada kali ini masih belum bisa tercapai secara maksimal,”ucap Anna.

Tidaj bisa dipungkiri lanjut Anna, masih banyak TPS dengan tingkat golongan putih (golput) yang tinggi, dan ada banyak warga yang namanya tidak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) di wilayahnya.

Selain itu, tambah Anna, peran serta pihak KPU dan juga Disdukcapil untuk dengan gencar mendata para pemilih dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menggunakan hak suara dalam pilkada harus lebih ditingkatkan, mengingat tidak lama lagi juga akan dilaksanaan Pilpres dan Pileg pada 2019.

“Ini harus menjadi bahan evaluasi kedepan. Ada yang namanya tidak masuk DPT dan ada pula yang tidak mendapat undangan untuk ikut mencoblos. Ini yang harus diperbaiki kedepan. Dan juga pola pikir masyarakat yang apatis terhadap pemerintahan harus perlahan dirubah dengan sosialisasi yang tepat, untuk mengurangi tingginya masyarakat yang golput,” bebernya.

Ketika ditanyai mengenai sosok yang sementara ini meraih suara terbanyak, Anna mengungkapkan bahwa itulah pilihan rakyat Palangka Raya. Mungkin ada beberapa pihak yang merasa kecewa dengan hasil yang ada, namun Anna mengingatkan agar masyarakat selalu mengutamakan kedamaian dan persatuan, serta mempercayakan prosesnya sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan. VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!