DPRD Pulang PisauPulang Pisau

Sosialisasi Kebugaran kepada CJH

Dinas Kesehatan Kabupaten Pulpis usai memberikan sosialisasi kebugaran kepada calon jamaah haji, Kamis (17/1).

PULANG PISAU, Gerakkalteng.com-Kesehatan Kabupaten Pulpis menggelar sosialisasi kebugaran kepada Calon Jamaah Haji (CJH) yang akan berangkat tahun 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula Kantor Kementrian Agama Pulpis, Kamis (17/1) dengan diikuti oleh 64 peserta dari 65 CJH.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulpis dr Mulyanto Budihardjo melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Ma’rup Kurkhi SKM mengatakan, kegiatan sosialisasi kebugaran ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman dan salah satu persiapan CJH menuju Mekah. Karena kata Ma’ruf, kondisi cuaca dan iklim di Tanah Suci Mekah sangat berbeda dengan kondisi cuaca di Indonesia.

“Pembekalan ini sangat penting disampaikan kepada calon jemaah haji. Sehingga para CJH bisa melakukan berbagai persiapan dengan matang, khususnya masalah kebugaran jasmani. Jadi ketika sudah berada di tanah suci, para CJH benar-benar siap dan bugar, “ terang Ma’ruf.

Selain kegiatan kebugaran jasmani, Dinas Kesehatan juga melaksanakan pengukuran kebugaran yang dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Kesehatan Pulpis.

Materi yang diberikan dalam pengukuran kebugaran ini kata Ma’ruf, berupa lari sepanjang 1600 meter bagi CJH yang umurnya kurang dari 60 tahun. Sementara bagi CJH, umur di atas 60 tahun atau yang memiliki riwayat penyakit jantung, hypertensi, deabit, materi yang diberikan adalah berjalan bulak balik di aula Dinkes selam 5 menit.

“Jadi dalam rangka mendukung persiapan CJH Kabupaten Pulpis. hari ini kita melaksanakan dua kegiatan. Sosialisasi kebugaran dan pengukuran kebugaran. Harapannya, semua CJH dapat melaksanakan dapat menjaga kebugaran dengan baik, sehingga dapat melaksanakan ibadah dengan lancar selama di tanah suci Mekah,” ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dinkes Provinsi Kalteng yang di wakili oleh Plt Kasi Lesling dan Kesjor Martin dan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Pulpis, Drs Darlan. (an)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *