DPRD KatinganKatingan

Ciptakan Pemilu Damai, Aman dan Sejuk

“Oleh karena itu, Pemkab Katingan menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Kami juga menyerukan pada seluruh jajaran dan masyarakat, agar mengikuti Pemilu dengan semangat kekeluargaan untuk mencari yang terbaik,” tuturnya, Kamis (28/2/2019).

gerakkalteng.com – KASONGAN – Jajaran Polres Katingan bersama Pemerintah Kabupaten (pemkab) Katingan, partai politik (Parpol), Calon Legislatif (Caleg), Ketua Tim Pemenangan Presiden dan unsur TNI melaksanakan silaturahmi kebangsaan sekaligus penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman Pemilu 2019, Kamis (28/2/2019).

Kegiatan ini, juga dirangkai dengan deklarasi dalam rangka mendukung serta menciptakan situasi Kamtibmas yang aman, damai dan sejuk di Kabupaten Katingan. Hadir dalam kegitan tersebut, Bupati Katingan Sakariyas SE dan Wakil Bupati Sunardi N.T Litang, Kapolres AKBP Elieser Dharma Bahagia Ginting SH SIK MH, Perwira Penghubung Kodim 1015/SPT di Kasongan Mayor (Inf) Dedy Marwanto, Kajari Katingan Philipus Khalolik, perwakilan Pengadilan Negeri Katingan, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan jika MoU antara Polres Katingan dan pemerintah daerah ini  merupakan terobosan kreatif yang dilaksanakan dalam rangka menciptakan pemilu yang damai, aman dan sejuk.

“Oleh karena itu, Pemkab Katingan menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Kami juga menyerukan pada seluruh jajaran dan masyarakat, agar mengikuti Pemilu dengan semangat kekeluargaan untuk mencari yang terbaik,” tuturnya, Kamis (28/2/2019).

Sakariyas juga mengimbau, untuk tidak mencari kesalahan maupun kekurangan masing-masing kelompok. Jadi harus saling merasakan, bahwa semua adalah satu keluarga dalam bingkai NKRI. Tujuan silaturahmi kebangsaan dan MoU ini, dalam rangka pengamanan Pemilu 2019. Sehingga, dapat terjaga situasi yang aman dan kondusif.

“Berpolitiklah dengan santun, jangan sampai menggunakan sarana ibadah untuk kegiatan politik. Tolak isu SARA dan hindari politik uang,” pesannya.

Pemerintah daerah akan mengintruksikan pada jajarannya, baik kecamatan maupun desa untuk bersinergi dengan TNI dan Polri dalam rangka menyukseskan Pemilu 2019.

“Kami memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas kerja sama Polres Katingan dengan pemerintah daerah. Keberadaan dan pelayanan Polri, telah banyak berkontribusi dalam upaya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujar Bupati.

Sebelumnya, Kapolres Katingan dalam sambutannya mengatakan jika pada tahapan kampanye Pemilu saat ini situasi politik sudah semakin memanas. Patut disyukuri, permasalahan Politik tersebut tidak berdampak bagi masyarakat di Bumi Penyang Hinje Simpei.

“Ini tidak lepas dari upaya dan peran aktif kita semua, yang benar-benar ingin menciptakan situasi yang kondusif. Hal ini menunjukan, bahwa pengetahuan masyarakat kita tentang politik sudah matang dan tinggi,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, EDB mengajak semua untuk tetap menjunjung tinggi falsafah huma betang. Meski beragam agama, tetapi tetap rukun dan damai. Begitu juga pada Pemilu 2019 ini, meski berbeda pilihan dan pandangan tetapi tetap bersatu serta rukun dan damai.

“Pada penyelenggara Pemilu, harus senantiasa berdikap adil, jujur, tidak belaku curang, bersih, kompak, saling bekerjasama dan mendukung,” imbuhnya.

Kapolres juga mengajak semua peserta Pemilu, agar tidak melakukan kecurangan-kecurangan, money politic, menyebar hoax dan ujaran kebencian, fitnah, black campaign. Selain itu, jangan menjelekan kontestan yang lain dan berkampanye di tempat ibadah.

“Paling penting saya harapkan, para peserta Pemilu 2019 harus siap menang dan siap kalah,” tegasnya. (tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!