DPRD KatinganKatingan

Antisipasi Secara Dini Permasalahan dan Gejolak Sosial

“Peran Camat serta Kepala Desa harus dioptimalkan. Karena mereka menjadi ujung tombak dan sangat strategis dalam upaya deteksi serta cegah dini di wilayah masing-masing,” ujar Sunardi.

gerakkalteng.com – KASONGAN – Dinamika kehidupan sosial kemasyarakatan di Indonesia beberapa tahun terakhir ini, masih diwarnai berbagai konflik. Mulai dari aksi teror bom, unjuk rasa dan berbagai bentuk ganguan sosial. Mencermati hal tersebut dan mempertimbangkan luas wilayah Kabupaten Katingan, penyebaran penduduk maka strategi keamanaan nasional maupun daerah dinilai sangat penting.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Sakariyas SE dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati (Wabup) Sunardi N.T Litang saat membuka kegiatan Deteksi Dini Untuk Unsur Pemerintahan Se-Kabupaten Katingan, di Aula Hotel Katingan, Jumat (29/3/2019).

Kegiatan ini, digagas oleh pihak Badan Kesatuan Bangsa dan Politik  (Kesbangpol) Kabupaten Katingan.

Menurut Bupati, deteksi dini sangat diperlukan dalam menghadapi gejolak-gejolak serta persoalan yang memiliki implikasi serta ekses terhadap stabilitas nasional. Khususnya, menyangkut hakikat ancaman Bangsa Indonesia.

“Peran Camat serta Kepala Desa harus dioptimalkan. Karena mereka menjadi ujung tombak dan sangat strategis dalam upaya deteksi serta cegah dini di wilayah masing-masing,” ujar Sunardi.

Terkait kegiatan ini, jelas Wabup, dimaksudkan meningkatkan kemmampuan dan pengetahuan. Selain itu, menciptakan dan membangun pemahaman, keterpaduan dan keserasian pada setiap jajaran aparatur pemerintah daerah.

“Kami menyadari, betapa pentingnya masyarakat dalama menjaga ketentraman dan ketertiban umum. Tujuanya guna mengantisifasi secara dini berbagai permasalahan dan gejolak sosial yang berpotensi berkembang menjadi konflik,” katanya.

Untuk menciptakan iklim yang kondusif dan memberikan rasa aman kepada masyarakat, Wabup mengharapkan peran aktif serta koordinasi semua pihak.

“Mari jaga kekompakan, sinergitas dan tingkatkan kewaspadaan, khususnya yang terkait tentang situasi keamanan di daerah,” ajaknya.

Selain Wabup, narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini antara lain dari TNI, Polri, Kejaksaan, Badan Intelejen Daerah, Badan Kesbangpol, dan Kementerian Agama Kabupaten Katingan. Peseta kegiatan Camat se-Kabupaten Katingan dan masing-masing tiga kepala desa dari setiap kecamatan. (tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!