Barito TimurDPRD Barito Timur

Program Pembangunan Desa Mesti Selaras

"Menjadi sebuah keharusan bagi Kades membuat program pembangunan yang sinergi dengan visi misi daerah," kata Ampera, Senin (8/4/2019).

gerakkalteng.com – TAMIANG LAYANG – Bupati Barito Timur (Bartim) Ampera AY Mebas memberi instruksi, kepada seluruh Kepala Desa (Kades) untuk membuat program yang sinergi dan mengacu pada visi misi pemerintah daerah periode 2018-2023.

“Menjadi sebuah keharusan bagi Kades membuat program pembangunan yang sinergi dengan visi misi daerah,” kata Ampera, Senin (8/4/2019).

Ia menjelaskan, program yang dibuat pemerintah desa wajib mengacu pada visi daerah, yakni mewujudkan Bartim sehat, cerdas dan sejahtera melalui pemerintahan yang amanah.

“Kemudian sesuai misi daerah, yakni pembangunan pada sektor ekonomi kerakyatan, pertanian, kesehatan, pendidikan, infrastruktur, sosial, seni dan budaya serta pemuda dan olahraga,” terangnya.

Ia menerangkan, sinerginya program pembangunan antara kabupaten dengan desa, diyakini mampu mempercepat pembangunan yang ingin dicapai semua pihak, baik oleh pemerintah maupun masyarakat.

“Tujuan dari pembangunan adalah, agar masyarakat bisa menikmati hasilnya dan meraih kesejahteraan dengan meningkatnya perekonomian,” bebernya.

Sambungnya, program prioritas pemerintah desa harus mengutamakan pemberdayaan dan peningkatan mutu, serta kualitas sumber daya manusia. Tujuannya adalah untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia tanpa mengabaikan pelayanan publik. Pemerintah desa juga bisa melakukan pengembangan ekonomi masyarakat, dengan program usaha yang digerakkan secara swadaya dan disesuaikan potensi di wilayah masing-masing.

“Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa selaku instansi teknis, harus mampu menggiring dan mengajak seluruh kepala desa bersatu dalam upaya pemerataan pembangunan,” tandasnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga berencana melakukan evaluasi program pemerintah desa se-Bartim, agar selaras dengan program kerja pemerintah daerah selama lima tahun kedepan.

“Jika kesulitan dalam perencanaan, Kades bisa berkonsultasi dengan instansi yang membidangi,” pungkasnya. (dw)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!