DPRD Kotawaringin TimurHEADLINEKotawaringin Timur

PT Pelni Harus Waspadai Gelombang Tinggi

Ketua DPRD Kotim Jhon Krislie

SAMPIT, Gerakkalteng.com -Ketua DPRD Kotim Jhon Krislie meminta agar pihak pelayaran dan PT Pelni meningkatkan koordinasi dengan semua pihak terutama pihak BMKG dan Polair dalam menghadapi arus mudik yang diperdiksi meningkat pada Hamin 7 mendatang.

Jhon juga memunta agar pihak terkait mengutamakan keselamatan penumpang yang berangkat dari pelabuhan Sampit baik yang menuju Semarang,Surabaya.”Harus dipastikan laut jawa aman dan gelombang tidak tinggi agar semua berjalan dengan lancar,”Ujarnya Jumat (24/5).

Selain itu dia juga berpesan agar semua pihak memperhatikan kapasitas unit armada baik,laut, udara,dan darat agar tidak iver kapasitas dan menyebabkan hal-hal negatif bisa terjadi kepada semua penumpang yang akan mudik.

“Intinya jangan over kapasitas, agar terhindar dari berbagai hal negatif, harapan kita semua pihak, memahami hal itu dan tidak terkesan memaksakan keadan,”Tukasnya.

Sementara itu Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Haji Asan Sampit, Nur Setiawan, sebelumnya mengatakan
jalur mudik laut yang dilintasi kapal dari Pelabuhan Sampit menuju Jakarta, Semarang, dan Surabaya selama arus mudik Lebaran ini diperkirakan cukup aman.

“Cuaca di laut selama arus mudik ini diperkirakan cukup normal. Kecepatan angin juga diperkirakan tidak sampai memicu munculnya gelombang tinggi.
Saat ini kondisi laut, khususnya yang dilintasi kapal dari Pelabuhan Sampit, cukup teduh dengan ketinggian gelombang antara 1 hingga 1,25 meter,” Urainya.

Namun dia tetap mengingatkan nakhoda agar tetap mewaspadai kemungkinan terjadinya perubahan cuaca dalam waktu singkat di laut.

“Jika terjadi cuaca buruk, nakhoda diimbau tidak memaksakan diri karena berisiko terhadap keselamatan, apalagi jika sedang membawa penumpang,” Tukasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!