DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Tingkatkan Kemampuan Dan Kemandirian Mengelola Usaha Perikanan

Kadis Perikanan Heriyanto bersama jajarannya foto bersama kelompok perikanan di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan.
SAMPIT,Gerakkalteng.com-Dinas Perikanan Kotim melakukan kegiatan sosialisasi terhadap kelompok tani yang ada di Bumi Habaring Hurung. Ada beberapa kelembagaan kelompok pelaku utama perikanan yang mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini disampaikan, Kepala Dinas Perikanan Kotim, Heriyanto.
“Pembinaan kelompok perikanan dan nelayan merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap pelaku utama dan pelaku usaha,”ucap dia.
Hal ini, jelasnya, dimaksukan untuk lebih meningkatkan kemampuan dan kemandirian didalam mengelola usaha perikanan dan penangkapan ikan. Selanjutnya, agar pembinaan pelaku utama dan pelaku usaha dibidang perikanan dan nelayan di tingkat lapangan, melalui pendekatan kelompok dengan tujuan berdaya guna dan berhasil.
Ia juga menjelaskan, pembentukan dan kelembagaan perikanan sudah yang dilaksanakan di Desa Jaya Karet. Ada empat Kelompok Perikanan yang sudah terbentuk, yang berasal dari Desa Begendang Hilir 1 kelompok, Desa Jaya Karet 2 kelompok dan Desa Basirih Hilir 1 kelompok.
Selain itu, tambah dia, dalam pembentukan kelompok perikanan dan atau nelayan, harus bersumber atas dasar kesadaran, keinginan untuk mengembangkan dan meningkatkan usaha secara bersama-sama. Dengan tujuan peningkatan produktivitas, sekaligus peningkatan kesejahteraan yang lebih baik.
“Seperti yang dilaksanakan di Desa Jaya Karet Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, telah terbentuk empat Kelompok Perikanan, yang terdiri dari 3 Kelompok Nelayan dan1 Kelompok Budi daya (Pokdakan). (tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!