DPRD Gunung MasGunung MasHEADLINE

Penilaian Posyandu Untuk Pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat

"Penilaian ini kita lakukan untuk mengevaluasi pelaksanaan Posyandu dan melakukan pembinaan terhadap apa yang masih perlu ditingkatkan. Sehingga tercapai tujuan akhirnya untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat," ujar Kepala DPMD Kabupaten Gunung Mas, Yulius Agau, Selasa (30/7/2019).

gerakkalteng.com – KUALA KURUN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Gunung Mas menggelar penilaian dan pembinaan Posyandu terbaik tingkat kabupaten tahun 2019.

Sedikitnya delapan Posyandu yang dinilai, yakni Posyandu Kemuning Desa Karya Bakti, Posyandu Teratai Desa Fajar Harapan, Posyandu Kelampangan Desa Jalemu Raya, Posyandu Kasintu Desa Kasintu, Posyandu Kahias Atei Desa Tumbang Ponyoi, Posyandu Tunas Harapan Desa Tumbang Lampahung, Posyandu Melati Desa Sepang Kota, dan Posyandu Tulip Desa Dahian Tambung.

“Penilaian ini kita lakukan untuk mengevaluasi pelaksanaan Posyandu dan melakukan pembinaan terhadap apa yang masih perlu ditingkatkan. Sehingga tercapai tujuan akhirnya untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat,” ujar Kepala DPMD Kabupaten Gunung Mas, Yulius Agau, Selasa (30/7/2019).

Dia menuturkan, Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari masyarakat dalam pembangunan kesehatan untuk memberdayakan masyarakat serta memberikan pelayanan kesehatan dasar.

“Penilaian posyandu tersebut mengacu pada indikator evaluasi manajemen, kegiatan penyuluhan, pelayanan gizi melalui pelayanan, sarana dan administrasi posyandu,” tuturnya.

Melalui kegiatan penilaian ini, lanjut dia, seluruh kader dan aparat desa dapat bersama-sama berperan aktif dalam mendukung program Posyandu. Sehingga nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat, lebih-lebih kegiatan pengembangan dan pembinaan Posyandu didanai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa).

“Dengan penilaian tersebut, akan terwujud Posyandu yang bisa menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya. (hms/srn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!