DPRD KatinganKatingan

Katingan Hilir Juara Umum FBPHS Tahun 2019

“Dalam lomba, pasti ada menang dan kalah. Hal ini merupakan hasil akhir dari sebuah kompetisi, karena hanya satu yang akan menjadi pemenang utama,” katanya.

KASONGAN – Kecamatan Katingan Hilir kembali menjadi Juara Umum Festival Budaya Penyang Hinje Simpei (FBPHS) Tahun 2019, setelah menjuarai beberapa kategori lomba. Sementara urutan kedua adalah Kecamatan Mendawai dan seterusnya diikuti Kecamatan Sanaman Mantikei, Kecamatan Marikit, Kecamatan Bukit Raya, Kecamatan Katingan Hulu.

Kemudian Kecamatan Katingan Tengah, Kecamatan Kamipang, Kecamatan Tasik Payawan, Kecamatan Tewang Sanggalang Garing, Kecamatan Petak Malai, Kecamatan Pulau Malan, Kecamatan Katingan Kuala. Acara yang dipusatkan di Lapangan Sport Center Kereng Humbang Kasongan, ditutup secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Katingan Sunardi N.T Litang, Kamis (29/8) malam.

Turut hadir pada penutupan FBPHS tersebut antara lain Ketua Sementara DPRD Katingan, Perwira Penghubung Kodim 1015 Sampit/Kasongan dan Wakapolres Katingan. Ada pula dua Kepala OPD, para camat, serta tamu undangan yang hadir.

Bupati Sakariyas SE dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Wabup Sunardi menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pemenang lomba FBPHS 2019. “Dalam lomba, pasti ada menang dan kalah. Hal ini merupakan hasil akhir dari sebuah kompetisi, karena hanya satu yang akan menjadi pemenang utama,” katanya.

Bagi pemenang pertama, diharapkan agar menjadikan even ini sebagai modal dasar mengembangkan prestasi. Pengalaman berharga yang didapat, hendaknya selalu dikembangkan dan dibina terus menerus. “Sehingga, bisa menjadi pelaku seni budaya yang handal serta berbakat,” tutur Sunardi.

Diharapkannya juga, melalui kegiatan FBPHS 2019 ini menjadi wahana dalam mengoptimalkan pembinaan dan pengembangan yang bermanfaat bagi pelestarian kebudayaan masyarakat dayak, khususnya di Kabupaten Katingan ini.

“Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua peserta dari berbagai kecamatan di wilayah Kabupaten Katingan yang telah mengikuti kegiatan ini. Kami ucapkan selamat jalan, selamat berkumpul dengan keluarga, sampaikan salam dan doa saya, selamat bertemu kembali di FBHS Tahun 2020 mendatang,” ujarnya.

Di acara penutupan, ditampilkan para juara 1 beberapa kategori lomba. Seperti tari daerah pedalaman oleh kontingen Kecamatan Katingan Hilir.  Ada pula penampulan Juara I Karungut putra dan putri. (tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!