Barito SelatanDPRD Barito Selatan

Proyek Pembersihan Sungai Serahkan pada Masyarakat

“Agar pembersihan sungai bisa lebih maksimal, maka kita meminta SOPD terkait untuk memberikan pekerjaan tersebut kepada pihak desa setempat dengan cara swakelola,”, jelasnya.

gerakkalteng.com – BUNTOK – Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), H Raden Sudarto SH, mengimbau agar proyek pembersihan sungai yang ada di DPA Dinas terkait, agar diberikan pekerjaannya kepada desa sekitar dengan swakelola.

“Agar pembersihan sungai bisa lebih maksimal, maka kita meminta SOPD terkait untuk memberikan pekerjaan tersebut kepada pihak desa setempat dengan cara swakelola,”, jelasnya.

Ia menjelaskan, salah satu tujuan pihaknya meminta agar proyek pembersihan sungai dapat di swakelola desa. Mengingat dari pengalaman tahun sebelumnya, saat proyek pembersihan sungai ditangani oleh pihak ketiga yang bukan oleh desa, banyak laporan masyarakat ke pihaknya pekerjaannya terkesan asal jadi.

“Bila pekejaan pembersihan sungai dipercayakan di swakelola desa, saya yakin akan lebih baik, selain memberikan lapangan kerja kepada masyarakat setempat, sungai yang dibersihkan tersebut mereka juga yang memanfatkannya. Sehingga bila pekerjaannya tidak maksimal mereka juga yang rugi,” ungkapnya.

Dirinya juga mengharapkan agar perangkat desa dan masyarakat setempat, selain LSM dan wartawan ikut serta mengawasi semua proyek pemerintah yang ada di desanya.

“Karena sesuai dengan amanat undang-undang, masyarakat berhak mendapatkan informasi tentang perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa, serta berhak melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan pembangunan,” pungkasnya. (nang/agg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *