DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Camat Imbau Warga Buang Sampah ke Depo

"Saya mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan di lingkungan tempat tinggal masing-masing dengan membuang sampah langsung ke depo. Jangan sampai membuang sampah di tepi jalan, di lokasi yang bukan tempat sampah. Karena akan mengganggu kebersihan lingkungan," kata Sutimin, Kamis (28/6/2020).

gerakkalteng.com – SAMPIT – Sejumlah warga sekitar Jalan Kembali, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengeluhkan banyaknya sampah yang menumpuk dan berserakan di jalan itu. Sehingga mengganggu pengguna jalan dan menimbulkan aroma tak sedap. Hal itu terlihat beberapa hari yang lalu.

Camat Mentawa Baru Ketapang Sutimin SH kembali mengingatkan masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Yakni pada depo-depo sampah yang telah dibangun oleh pemerintah daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Saya mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan di lingkungan tempat tinggal masing-masing dengan membuang sampah langsung ke depo. Jangan sampai membuang sampah di tepi jalan, di lokasi yang bukan tempat sampah. Karena akan mengganggu kebersihan lingkungan,” kata Sutimin, Kamis (28/6/2020).

Menurut Sutimin, beberapa hari lalu ada keluhan terkait tumpukan sampah di Jalan Kembali. Hal itu menunjukkan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih rendah. Dia berharap masyarakat bisa bersama-sama memelihara agar Kabupaten Kotim, tetap terjaga kebersihannya.

“Mari kita jaga kebersihan di lingkungan masing-masing dengan membuang sampah di depo yang telah terbangun oleh pemerintah. Hal ini bertujuan agar sampah rumah tangga tidak lagi berserakan hingga ke bahu jalan,” ujarnya.

Sutimin juga mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan ke Pemerintah Kabupaten Kotim untuk pembangunan depo sampah di sekitar Jalan Kembali. Karena saat ini tidak ada tempat sampah di sekitar wilayah tersebut, sehingga masyarakat membuang sampah sembarangan di pinggir jalan.

“Kami sudah mengusulkan ke pemerintah daerah agar di wilayah Jalan Kembali dibangun depo agar warga sekitar tidak jauh lagi membuang sampah, Saat ini lokasi tanahnya sudah ada, tetapi anggaran untuk pembangunan depo tersebut masih belum bisa terealisasikan akibat adanya pandemi Covid-19 saat ini,” ungkapnya.

Saat ini, di Kotim sudah terbangun tujuh depo sampah. Yang berada di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang dan Kecamatan Baamang, yaitu tiga depo sampah berkapasitas 200 meter kubik. Yakni Depo Sehati 01 Jalan Pelita, Depo Sehati 02 Jalan MT Haryono atau Jalan Tatar, Depo Sehati 03 Jalan KS Tubun. Untuk depo mini dengan kapasitas 50 meter kubik, yakni di Depo Mini Sehati 01 Jalan Tidar , Depo Mini Sehati 02 Jalan Sampurna, Depo Mini Sehati 03 Jalan Antang, serta Depo Sehati 04 dengan kapasitas 300 ton per hari yang berlokasi di Gang SMPN 3, Kecamatan Baamang. (drm)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *