DPRD Gunung MasGunung Mas

Manfaatkan Potensi SDA Desa Demi Kesejahteraan Masyarakat

GERAKKALTENG – KUALA KURUN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Punding S Merang meminta seluruh kepala desa (kades) di daerah ini, agar bisa memanfaatkan potensi sumber daya alam (SDA) yang dimiliki.

”Selain mengelola dana desa, kades juga harus belajar dalam memanfaatkan potensi SDA yang dimiliki, untuk diperkenalkan ke masyarakat luas, sehingga nantinya desa mereka akan semakin maju,” ucap Punding, di Kantor DPRD setempat, Selasa (30/6/2020).

Dia mengatakan, dengan memanfaatkan potensi SDA desa, akan berdampak akan sangat besar terhadap perekonomian masyarakat. Terlebih lagi, potensi tersebut bisa berkembang menjadi peluang usaha yang menjanjikan, baik itu di bidang pertanian dan perkebunan.

”Saat ini, sudah ada beberapa desa yang mampu memanfaatkan potensi SDA yang dimiliki, salah satunya Desa Hurung Bunut, Kecamatan Kurun. Desa itu telah menjelma menjadi desa wisata, pertanian, perkebunan, dan peternakan,” tutur Politikus Partai Golongan Karya (Golkar) ini.

Dia menuturkan, keberadaan potensi SDA desa yang ada nantinya bisa dikelola melalui Badan Usaha Masyarakat Desa (BUMDes), dengan modal awal bisa menggunakan dana desa yang disalurkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan pemerintah pusat.

”Apabila peluang dan modal sudah ada. Sekarang tinggal kemauan dan kejelian dari kades untuk bisa memanfaatkan potensi SDA desa yang dimiliki,” ujarnya. (agg/hms)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *