DPRD Gunung MasGunung MasHeadlineKalimantan Tengah

Dekranasda Gunung Mas Lombakan Desain Batik Bergengsi

“Ada beberapa poin yang bakal dinilai, yaitu dari komposisi motif baik keunikan maupun sisi artistiknya. Kemudian komposisi warna, kreatifitas hingga keharmonisan antara tema, sumber ide dan motif," ujarnya, Kamis (16/7/2020).

FOTO : Ketua Dekranasda Kabupaten Gunung Mas, Mimie Mariatie.

gerakkalteng.com – KUALA KURUN – Guna mendongkrak sektor pariwisata, kebudayaan hingga kekayaan batik daerah, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gunung Mas menggelar lomba desain batik. Tidak tanggung-tanggung, total hadiah yang diperebutkan mencapai puluhan juta rupiah.

Ketua Dekranasda Kabupaten Gunung Mas, Mimie Mariatie menuturkan, dalam kompetisi tersebut para desainer dituntut mampu menghasilkan kreasi batik yang mampu menggambarkan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Gunung Mas.

“Ada beberapa poin yang bakal dinilai, yaitu dari komposisi motif baik keunikan maupun sisi artistiknya. Kemudian komposisi warna, kreatifitas hingga keharmonisan antara tema, sumber ide dan motif,” ujarnya, Kamis (16/7/2020).

Adapun syarat untuk bisa mengikuti perlombaan bergengsi tersebut, yakni karya yang dilombakan merupakan original buatan sendiri, tidak menjiplak motif batik lain dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis.

“Lomba ini sifatnya terbuka bagi seluruh Warga Negara Indonesia dan dijamin gratis. Desain batik harus dikerjakan pada kertas ukuran A3, kemudian desain harusnya diberi deskripsi singkat dari judul karya, sumber ide, hingga ulasan,” katanya.

Jika berminat, maka desain batik, deskripsi dan biodata peserta dapat dimasukan ke dalam amplop cokelat dan diberikan tulisan ‘Lomba Desain Batik Gunung Mas’ untuk kemudian dikirim ke sekretariat di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gunung Mas.

“Atau dapat dikirimkan melalui email dengan alamat kabgumasdekranasda@gmail.com. Peserta juga diperkenankan mengirim lebih dari satu desain. Sketsa batik dikirimkan paling lambat tanggal 20 Agustus 2020,” jelasnya.

Isteri Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong ini mengatakan jika setiap karya desain yang masuk kepada panitia bakal dinilai oleh dewan juri yang berkompeten secara jujur dan adil. Dirinya memastikan dewan juri akan bekerja secara profesional.

“Sebanyak enam orang akan ditetapkan sebagai pemenang. Keputusan juri dianggap mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Jika berminat, maka keterangan lebih lanjut dapat menghubungi nomor telepon 0822 5370 1107 atas nama Dedie dan 0852 4834 5797 atas nama Mulyadi,” pungkasnya. (agg/hms)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *