DPRD Kota Palangka Raya

Cegah Kebakaran, Waga Diminta Rutin Periksa Instalasi Listrik

Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A Lambung mengingatkan, masyarakat harus rutin memeriksa instalasi listrik di rumah masing-masing. Itu berkaca dari beberapa kejadian kebakaran akibat arus pendek listrik.

Cegah Kebakaran, Rutin Cek Listrik Rumah

Gerakkalteng.com – PALANGKA RAYA – Beberapa penyebab kebakaran akibat instalasi listrik yaitu kabel instalasi sudah terlalu lama, sambungan listrik bertumpuk dan pemasangan instalasi kurang baik hingga menggunakan instalasi ilegal tanpa persetujuan pihak berwenang

Seperti yang disampaikan Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A Lambung mengingatkan, masyarakat harus rutin memeriksa instalasi listrik di rumah masing-masing. Itu berkaca dari beberapa kejadian kebakaran akibat arus pendek listrik.

Politisi srikandi PDIP ini mengingatkan, warga meningkatkan kepedulian merawat instalasi. Pasalnya, sebagai pelanggan listrik wajib melakukan pemeriksaan berkala melalui Lembaga Inspeksi Listrik (LIT) yang resmi.

“Hal tersebut dilakukan untuk memastikan instalasi yang terpasang di rumah masih dalam kondisi baik dan layak dialiri listrik. Serta mengurangi potensi korsleting yang menyebabkan kebakaran,” terang Neny, Selasa (11/8)

Wakil rakyat asal Daerah Pemilihan III (Kecamatan Pahandut dan Sebangau) ini menjelaskan, jika instalasi yang terpasang di rumah sudah seyogyanya menjadi tanggung jawab pemilik rumah.

Yang mana dalam pengerjaan instalasinya dan pemeriksaan sebaiknya dilakukan Lembaga Inspeksi Teknis Tenaga Listrik Tegangan Rendah seperti Serkolinas atau lainnya.

Pentingnya pemeriksaan ini, adalah untuk mengetahui apakah instalasi terpasang sesuai standar berlaku yaitu Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL) dan Standar dari PLN.

“Apabila terjadi korsleting, segera hubungi pemadam kebakaran dan contact center PLN. Selain itu, diimbau masyarakat memiliki alat pemadam api ringan dan tak lupa untuk segera putuskan aliran listrik dengan mematikannya secara langsung dari sekering rumah. Intinya, jika instalasi di rumah aman maka potensi munculnya arus pendek listrik dapat diminimalisir,” tutupnya.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *