HeadlineKalimantan TengahKalteng Berkah

Sugianto Buka Kongres Masyarakat Dayak Lintas DAS Kalteng

“Silakan kalau ada rekomendasi yang disampaikan mengenai berbagai masalah yang selama ini dihadapi masyarakat Dayak. Itu memang tanggung jawab kami selaku pemerintah, dimana kita hadir untuk berbuat baik membantu orang lain,” tegasnya.

FOTO : Kongres Masyarakat Dayak Lintas Daerah Aliran Sungai (DAS) Kalteng di Gedung Indoor Sports Center Palangka Raya, Kamis (17/9/2020) malam digelar dengan prokes Covid-19. 

GERAKKALTENG – PALANGKA RAYA – Gubernur H. Sugianto Sabran menginginkan masyarakat Dayak di daerahnya bersatu bersama pemerintah membangun Kalimantan Tengah yang kuat dan mandiri tanpa meninggalkan atau kesampingkan kepentingan adat dan budaya Dayak.

Penegasan itu disampaikan orang nomor satu di Kalteng saat membuka Kongres Masyarakat Dayak Lintas Daerah Aliran Sungai (DAS) Kalteng di Gedung Indoor Sports Center Palangka Raya, Kamis (17/9/2020) malam.

Kongres Masyarakat Dayak Lintas DAS Kalteng ini dihadiri oleh para tokoh adat dan para ketua pengurus dari 11 DAS.

Sugianto Sabran mengapresiasi pelaksanaan Kongres Masyarakat Dayak Lintas DAS Kalimantan Tengah tersebut.

“Harus ada yang menjaga petak danum (tanah air, Red) Kalteng. Masyarakat adat dengan pemerintah harus bersama-sama bertanggungjawab menjaga harkat dan martabat masyarakat Kalteng. Kongres ini merupakan bukti semangat DAS orang Dayak se-Kalteng,” ungkapnya.

Dirinya berharap sesama masyarakat Dayak agar bersatu, saling menghargai, saling membantu, saling menjaga agar pondasi ekonomi masyarakat Dayak semakin kuat.

“Silakan kalau ada rekomendasi yang disampaikan mengenai berbagai masalah yang selama ini dihadapi masyarakat Dayak. Itu memang tanggung jawab kami selaku pemerintah, dimana kita hadir untuk berbuat baik membantu orang lain,” tegasnya.

Ketua Panitia, Ducun Helduk Umar mengatakan bahwa adapun tujuan diselenggarakannya kongres ini guna menindaklanjuti rapat yang dilaksanakan Pemuda Dayak Lintas DAS yang sepakat memberi kesempatan kepada masyarakat Dayak lintas DAS berbicara dalam forum.

“Diharapkan kongres ini nantinya lahir organisasi masyarakat Dayak lintas DAS Kalteng yang akan secara berkesinambungan menggelar kongres tiga tahun sekali,” pungkasnya. (SOG)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *