DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Warga DAS Diminta Tetap Waspada Luapan Air Sungai

Sigit Widodo : Mengimbau warga yang bermukim di kawasan daerah aliran sungai, untuk mewaspadai luapan air yang sewaktu-waktu bisa melanda pemukiman warga.

PALANGKA RAYA, GERAKKALTENG. COM-Anggota DPRD Palangka Raya, Sigit Widodo mengimbau warga yang bermukim di kawasan daerah aliran sungai (DAS) wilatah kota setempat, untuk mewaspadai luapan air yang sewaktu-waktu bisa melanda pemukiman warga.

Menurutnya, potensi cuaca ekstrim dan curah hujan yang kerap terjadi, dikhawatirkan menimbulkan luapan air sungai, yang bisa menggenangi pemukiman masyarakat.

“Tidak ada salahnya mewaspadai adanya potensi bencana, karena di sejumlah daerah di Kalteng sudah ada yang terendam banjir,”beber Sigit,Jumat (25/9/2020).

Wilayah DAS di Kota Palangka Raya lanjut dia, sangatlah rawan meluap sehingga dapat menimbulkan banjir di pemukiman warga pinggiran sungai. Seperti Sungai Kahayan, dimana bila air sungai meluap maka banjir dadakan bisa terjadi di komplek perumahan padat penduduk di Flamboyan Bawah, kawasan Rindang Banua dan kawasan Puntun.

“Bagi warga yang tinggal di kawasan DAS itu, saya harapkan tetap waspada dan menjaga keluarganya agar tidak terjadi hal-hal yang dapat membahayakan,”ingatnya.

Dalam, bagian lain politikus PDI Perjuangan ini mengingatkan pemerintah setempat melalui instansi terkait, agar bisa mengantisipasi secara dini hal-hal yang ada di kawasan rawan banjir.

Semisalkan menyiagakan perahu karet, ataupun persiapan lainnya, sehingga, bisa melakukan evakuasi dengan cepat. Namun terlepas dari itu semua, maka diharapkan pada tahun ini tidak terjadi luapan air sungai, sehingga tidak merambah ke pemukiman warga.

“Apalagi semuanya masih merasakan kondisi di tengah pandemi covid-19, sehingga diharapkan masyarakat tidak terbebani,”pungkasnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *