Kalimantan TengahSukamara

Habib Ismail Kagum Lihat Peternakan Sapi di Sukamara

FOTO : Plt Gubernur Kalteng, Habib Ismail Bin Yahya tinjau langsung lokasi peternakan sapi di Pantai Lunci, Kabupaten Sukamara, Jumat (30/10/2020).

GERAKKALTENG.COM – SUKAMARA – Plt. Gubernur Kalimantan Tengah, Habib Ismail Bin Yahya dibuat kagum dengan padang savana yang dijadikan sebagai lokasi ranch (peternakan besar) sapi di Pantai Lunci, Kabupaten Sukamara.

Kedatangan orang nomor satu di Kalteng tersebut untuk melihat langsung progres persiapan lokasi peternakan sebelum nantinya dikunjungi, Presiden RI Joko Widodo dan diresmikan.

Kabupaten Sukamara fokus mengembangkan bidang peternakan guna mendukung program Food Estate di Provinsi Kalteng. Luas hutan produksi di Kecamatan Lunci-Jelai yang sudah mendapatkan izin pinjam pakai dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI untuk pengembangan lokasi ternak sapi mencapai 20.000 hektare.

Sementara itu, jenis sapi yang akan dikembangkan di Kabupaten Sukamara adalah sapi eksotik Australia Brahman Cross. Di samping itu, pemberdayaan masyarakat setempat juga dilakukan untuk mengembangkan peternakan sapi yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga, baik pengusaha lokal maupun nasional dan Pemerintah Kabupaten Sukamara guna mempercepat pengembangan peternakan sapi.

“Kita yakin dengan padang savana yang luas, makanannya juga tersedia tanpa dicari lagi, sapi di Sukamara menjadi sapi pertama di Kalteng yang luar biasa. Ini baru 900 ekor sudah begitu indah pemandangannya, apalagi nanti 20 ribu ekor,” ucap Habib Ismail.

Peninjauan yang dilakukan Plt. Gubernur Kalteng kali ini juga dimaksudkan sebagai persiapan kunjungan kerja Presiden RI di Kabupaten Sukamara akhir tahun nanti.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo, dalam Rapat Koordinasi Terbatas (Rakornas) tindak lanjut Food Estate bersama para menteri terkait secara virtual pada 23 September 2020 menyampaikan kepada Pemerintah Provinsi Kalteng bahwa pihaknya berencana melakukan kunjungan kerja ke Kalteng pada bulan Desember mendatang untuk pelepasan perdana sapi ternak di padang savana Kabupaten Sukamara.

Selain meninjau ratusan ekor sapi yang merumput di lokasi ranch dan menunggangi kuda di area peternakan bersama istri, Ibu Rayuhani, Plt. Gubernur Habib Ismail dan rombongan meninjau lokasi pembangunan helipad, Saung atau Gazebo dan Menara Pantau terkait rencana kedatangan Presiden RI Joko Widodo ke kabupaten berjuluk Bumi Gawi Barinjam. (SOG)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!