HEADLINEKalimantan Tengah

Sekda Kalteng Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Perayaan Natal

"Mari kita tingkatkan sinergisitas untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pada perayaan Natal 2020," ujarnya.

FOTO : Sekda Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri bersama jajaran Forkompinda bersiap mengikuti patroli skala besar di halaman kantor gubernur setempat, Kamis (24/12/2020) sore. 

GERAKKALTENG.COM – PALANGKA RAYA – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kalimantan Tengah gelar apel pengecekan kesiapan pengamanan perayaan Natal tahun 2020 dan patroli skala besar di halaman kantor gubernur setempat, Kamis (24/12/2020) sore.

Kegiatan dirangkai dengan ikrar kebangsaan oleh para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat yang mendukung terhadap TNI/Polri dalam menegakkan protokol kesehatan serta pengamanan perayaan Natal dan tahun baru 2021.

Diakhir kegiatan, jajaran Forkompinda mengendarai motor melakukan patroli dialogis skala besar untuk memberikan imbauan penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 kepada masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah Natal di sejumlah titik di Kota Palangka Raya.

Dalam amanat gubernur H. Sugianto Sabran yang dibacakan Sekda Kalteng Fahrizal Fitri mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kesiapan bersama unsur TNI/Polri, pemerintah serta mitra Kamtibmas lainnya guna mendukung pengamanan perayaan Natal 2020 di Kalimantan Tengah.

“Mari kita tingkatkan sinergisitas untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pada perayaan Natal 2020,” ujarnya.

Fahrizal menegaskan, akibat pandemi Covid-19 maka pengamanan Natal dan tahun baru kali ini berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk itu, masyarakat diimbau mematuhi protokol kesehatan, terlebih saat ini terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Kalteng selama dua bulan terakhir.

“Sebagai tenaga pengamanan, tugas saudara memberikan imbauan dan mengingatkan warga yang merayakan Natal tahun 2020 agar mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Jangan sampai kegiatan perayaan Natal yang dilaksanakan menjadi potensi timbulnya klaster baru penyebaran Covid-19 di Kalteng,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga menekankan beberapa hal kepada seluruh peserta apel, sebagai berikut :

1. Meningkatkan kualitas iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral yang kokoh dalam pelaksanaan tugas kita di tengah-tengah masyarakat.

2. Melakukan deteksi dini terhadap berbagai  ancaman faktual yang dapat merusak kerukunan antarumat beragama dan memecah belah nilai persatuan dan kesatuan bangsa.

3. Melakukan penggalangan terhadap tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat agar ikut berperan dan mengimbau masyarakat untuk wajib mematuhi protokol kesehatan dalam setiap aktivitas.

4. Mengaktifkan kegiatan operasi yustisi guna menumbuhkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

5. Bersinergi dengan satgas Covid-19, melakukan pembubaran terhadap kerumunan massa di tempat umum yang melanggar Protokol Kesehatan, guna menekan penyebaran Covid-19 di Provinsi Kalimantan Tengah. (SOG)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *