DPRD Gunung Mas

Ajak Warganya Mulai Aktifkan Poskamling

”Saat ini, seluruh rukun tetangga (RT) di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir sudah memiliki poskamling, yang dibangun menggunakan dana kelurahan. Kami ingin kedepan keberadaan poskamling ini harus diaktifkan kembali,” ucap Iceu, Selasa (19/1/2021).

GERAKKALTENG.com – KUALA KURUN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Iceu Purnamasari mendorong seluruh masyarakat di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun, agar mengaktifkan pos keamanan lingkungan (Poskamling).

”Saat ini, seluruh rukun tetangga (RT) di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir sudah memiliki poskamling, yang dibangun menggunakan dana kelurahan. Kami ingin kedepan keberadaan poskamling ini harus diaktifkan kembali,” ucap Iceu, Selasa (19/1/2021).

Politikus Partai Golongan Karya (Golkar) ini mengatakan, dengan terbangunnya poskamling di seluruh RT Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, tentunya harus dimanfaatkan oleh masyarakat. Sangat disayangkan jika bangunan sudah ada, namun tidak dimanfaatkan.

”Untuk mengaktifkan poskamling itu, kami mendorong kepada lurah dan Ketua RT, agar terlebih dahulu harus melakukan musyawarah dengan masyarakat, untuk mengatur jadwal piket atau ronda di poskamling,” tuturnya.

Wakil rakyat ini berharap, dengan aktifnya poskamling, maka suasana keamanan dan ketertiban masyarakat akan selalu kondusif, sehingga tercipta suasana yang aman dan nyaman.

”Pada intinya, diperlukan peran aktif dan dukungan dari seluruh masyarakat untuk menciptakan suasana yang tertib, aman, dan kondusif. Salah satunya dengan mengaktifkan poskamling di lingkungan masing-masing,” tegasnya.

Sebelumnya, Lurah Tampang Tumbang Anjir Berjoaldi menuturkan, pada tahun 2020 lalu, pihaknya menggunakan sebagian dana kelurahan untuk membangun poskamling di tujuh RT. Pembangunan poskamling ini menelan anggaran Rp 45 juta lebih.

”Poskamling yang dibangun di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir dengan ciri khas warna merah-putih. Kami pun berharap dengan keberadaan poskamling, masyarakat bisa menjaga keamanan dan ketertiban di setiap RT,” terangnya.

Sejauh ini, tambah dia, poskamling yang dibangun tersebut memang belum digunakan karena belum dilakukan pengaturan jadwal piket atau ronda. Dalam waktu dekat pengaturan jadwal piket atau ronda akan segera diatur.

”Kami minta kepada Ketua RT agar dapat segera mengatur jadwal piket di RT mereka masing-masing. Keberadaan poskamling itu dimanfaatkan semaksimal mungkin,” pungkasnya. (hms/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *