DPRD Pulang PisauPulang Pisau

BPBD Susun Dokumen Rawan Bencana

Kepala BPBD Kabupaten Pulpis Salahudin ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya.

PULANG PISAU, Gerakkalteng.com – Dalam rangka mengantisipasi dan mencegah terjadinya korban pada saat datangnya bencana. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulang Pisau memetakan dan menyusun dokumen daerah rawan bencana.

Kepala BPBD Kabupaten Pulpis Salahudin mengatakan, penyusunan dokumen rawan bencana itu dimaksudkan untuk memetakan daerah-daerah yang rawan terjadinya bencana, seperti banjir, angin puting beliung dan bencana alam lainnya.

“Pada tahun 2019 ini, BPBD Kabupaten Pulpis akan difasilitasi oleh BNPB untuk penyusun kajian resiko bencana dan penyusunan naskah akademik yang akan dilaksanakan oleh Tim Konsultan yang ditunjuk oleh BNPB,” kata Salahudin, (17/3)

Menurutnya, Pemkab Pulpis juga diminta untuk membentuk Tim Teknis yang melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan stakeholder terkait, dalam rangka membantu untuk memberikan masukan kepada Tim Konsultan dari BNPB.

“Dengan adanya penyusunan dokumen itu akan menjadi dasar kita untuk melakukan pemetaan terhadap daerah-daerah rawan bencana di Kabupaten Pulang Pisau,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, dari pemetaan itu nantinya akan dapat di prediksi apa-apa saja kebutuhan yang akan diperlukan dalam rangka antisipasi untuk menghadapi bencana.

“Penyusunan kajian resiko bencana ini, disamping diperlukan untuk menganalisis kondisi bencana juga salah satu rekomendasi BPK RI pada saat audit kinerja di BPBD Pulang Pisau beberapa tahun sebelumnya,” pungkasnya.(an)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!